SMA Negeri 6 Palembang Kembali Gelar Mineral Cup 2016

IMG-20160514-WA0013

Palembang – Sebanyak 7 tangkai kegiatan diperlombakan dalam ajang Mineral Cup 2016 Mix Of Intelligent, Emotional, dan Spiritual yang diadakan SMA Negeri 6 Palembang. Ke 7 tangkai kegiatan tersebut yakni nasyid, tater, paduan suara, da’i/da’iyah, karya tulis ilmiah, musikalisasi, puisi dan story telling.

Panitia pelaksana dan juga Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Palembang Hj Maryati mengatakan kegiatan perlombaan Mineral Cup 2016 ini merupakan campuran antara intellegensi, emosi dan spiritual. Dimana kegiatan ini sebagai ajang mengasah kemampuan akademik siswa, emosi dan Spritual disampingnya juga sebagai ajang silaturahmi antar sesama sekolah yang ada di Palembang.

“Perlombaan ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 14 Mei-15 Mei,” katanya usai pembukaan Mineral Cup 2016 Mix Of Intelligent, Emotional dan Spritual.

Maryati mengatakan Mineral Cup Competition ini merupakan kegiatan tahunan yang selalu dilakukan oleh Organisasi Infra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 6 yang bertujuan mengadu, mengasah kemampuan apakah itu akademik, sikap atau pun kemampuan dari masing-masing peserta.

Perlombaan yang diikuti oleh 24 sekolah di Palembang dan 5 sekolah dari Kabupaten yang ada di Sumsel yakni Musibanyuasin, Banyuasin, Ogan Ilir, Muara Enim dan Prabumulih sudah empat kali dilaksanakan oleh SMA Negeri 6 Palembang.

“Ke depannya perlombaan seperti ini tetap berlangsung. Selain itu bisa menambah tangkai kegiatan peserta lebih banyak lagi sehingga ada motivasi dari siswa,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan , Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kota Palembang Akhmad Julinto mmengapresiasi kegiatan yang dilakukan siswa-siswa SMA Negeri 6 Palembang. Menurut Julinto kegiatan yang dilakukan siswa-siswa SMA Negeri 6 ini merupakan kegiatan positif dimana dalam peserta yang mengikuti perlombaan mMineral Cup ini dapat mengeluarkan semua kemampuan potensi akademik, dan estetika seni.

“Dengan adanya kegiatan ini dapat mengakomodir anak anak agar terhindar kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat,” katanya.

Ia pun menghimbau pihak sekokah agar bisa mengadakan kegiatan serupa diluar jam belajar. Karena akan banyak manfaat yang didapat okeh anak daripada si anak berkeliaran di luar jam sekolah dengan tujuan uang tidak jelas. Apalagi dengan semakin meningkatnya penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang yang saat ini sudah masuk dilingkungan sekolah-sekolah. Dengan adanya sekolah-sekolah yang mengadakan kegiatan seperti ini anak-anak tidak ada waktu luang untuk main diluar sekolah.

“Silahkan sekolah-sekolah buat kegiatan positif seperti ini. Kita akan mensuport sekali kegiatan seperti ini,” tutupnya.

Dalam kegiatan Mineral Cup 2016 ini juga di tampilkan hasil kreasi penemuan-penemuan siswa-siswa SMA Negeri 6 diantaranya penemuan bio gas dari limbah kangkung dan bayam yang bisa menghasilkan energi listrik dan digunakan untuk menghidupkan kipas angin, penemuan lotion anti nyamuk  dari bunga kecombrang yang biasa digunakan untuk bumbu dapur. Penemuan Masker anti penuaan dini dari kulit mangga. (korankito.com/ria)