1331 Pecinta Hewan Ikuti Pet Festival

IMG_20160514_104142_BURST4

Palembang – Sebanyak 1331 pecinta hewan dari berbagai berbagai kota baik di Sumatera Selatan (Sumsel) maupun luar Sumsel mengikuti Pet Festival yang digelar Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan kota Palembang. Pet Festival pertama di Palembang ini dilaksanakan di tiga tempat berbeda yakni Kambang Iwak, Asrama Haji, dan Palembang Icon.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan festival ini termasuk event yang jarang diselenggarakan. Ini yang pertama kali dilaksanakan di Sumatera Selatan dan mendapat dukungan yang luar biasa dari masyarakat kota Palembang beserta komunitas pecinta hewan.

“Saya sangat mendukung kegiatan Pet festival ini karena membawa angin segar dalam dunia pariwisata kota Palembang. Tidak hanya kepada hewan saja kita harus menyayangi, tetapi juga terhadap semua makhluk ciptaan Tuhan terutama lingkungan. Lingkungan yang asri dan kondusif juga dapat menjadi naungan hidup para hewan yang terancam punah. Pet festival ini membantu masyarakat lebih mengenal dan mencintai hewan peliharaan,” kata Harnojoyo saat pembukaan Pet Festival, Sabtu (14/05) seraya menambahkan agar setiap SKPD dan masyarakat Palembang untuk lebih mencintai budaya dan hasil produk daerah serta kreatif dalam pengembangan pariwisata Palembang.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan kota Palembang Ir. H. Harry Hadi, MS mengatakan jumlah peserta pada event kali ini dibatasi mengingat masih kurangnya ruang untuk mengadakan event yang lebih besar. Namun, meskipun dibatasi ekspektasi dari peserta sangat tinggi, hal ini terbukti dari banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan ini dari luar Sumsel.

Peserta Pet festival ini berjumlah 1331 yang terdiri dari. 81 peserta cat show, 1000 peserta burung kicau, 50 peserta ayam ketawa, 50 peserta ayam pelung dan 150 peserta lomba mewarnai tingkat taman kanak-kanak (TK). Para peserta ini berasal dari provinsi Sumatera Selatan, Jakarta, Jambi, Padang, Babel, dan Lampung.

“Target yang ingin kami capai adalah event Pet festival tingkat internasional minimal se-ASEAN 2017 dan kami juga berencana untuk mengadakan festival tanaman hias di tahun 2017 juga,” jelas Harry.

Harry menambahkan event ini adalah rangkaian dalam menyambut HUT Palembang ke 1333 dan Asian Games 2018 serta sebagai destinasi wisata baru di kota Palembang. “Selain bisa berinteraksi langsung dengan hewan peserta Pet Festival, masyarakat dan komunitas pecinta hewan pun bisa mendapat pelayanan suntik vaksin gratis bagi hewan kesayangan mereka,” ujar Harry. (korankito.com/ejak)