Penerbitan e-KTP, Pemkot Kekurangan 1,1 M

 

20160513Palembang – Untuk melakukan penerbitan e-KTP disetiap kecamatan, Pemerintah Kota Palembang membutuhkan anggaran dana sebesar Rp 2,9 miliar. Namun, dana yang dianggarkan saat ini dalam APBD Kota Palembang hanya sebesar Rp1,8 miliar. Ini diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Asisten I, Herly Kurniawan saat ditanyai wartawan di kantor Walikota Palembang, Jumat (13/5).

“Kita anggarkan dana sebesar Rp2,9 miliar tapi saat ini dana yang baru tersedia hanya Rp1,8 miliar dalam anggaran tahun ini,” ujarnya.

Diungkapkan Kurniawan, kekurangan dana yang mencapai Rp1,1 miliar akan diajukan di anggaran perubahan pada tahun2016  ini. Pengajuan itu penting karena dalam penerapan pembuatan e-KTP ini akan berlaku disetiap kecamatan.

“Ada 16 kecamatan yang kita anggarkan untuk pembuatan e-KTP ini mulai dari alat- alatnya hingga sistemnya. Saat ini kesiapan telah dilakukan mulai dari izin pemerintah sampai kelengkapan alat serta kesiapan setiap kecamatan,” ungkapnya.

Saat ini, menurut Kurniawan, untuk mensinkronkan data  Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), pihaknya akan segera membuat server di masing-masing kecamatan. Itu dilakukan untuk mengkoneksikan dengan server induk yang berada di Disdukcapil Kota Palembang. Itu sudah dilakukan uji coba terhadap dua kecamatan yakni Kecamatan Sukarami dan Ilir Timur II.

“Dari hasil uji coba yang kita lakukan tersebut, perlu ada penambahan koneksi dan jaringan internet karena tidak terangkat. Secepatnya ini bisa dinikmati oleh warga kota Palembang sesuai dengan intruksi Walikota Palembang yang ingin memberikan kemudahan bagi masyarakat kota Palembang,” ujarnya.

Pihak Pemerintah Kota Palembang telah berupaya untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat kota Palembang dengan melakukan hal ini. Berdasarkan Surat Kementerian Dalam Negeri Nomor 471-13/4210/Dukcapil perihal pencetakan e-KTP di Kecamatan pada 29 April 2016.

“Ini adalah terobosan pertama yang ada di kota Palembang, karena itu kita harus dukung agar ini dapat terlaksana. Bagi warga Palembang yang belum mengurus pembuatan e-KTP dihimbau agar segera diurus pembuatannya karena gratis” pungkas Kurniawan.(korankito.com/ejak)