Wisata Palembang Belum Dikelola Secara Profesional

IMG_20160511_133110_HDR

Palembang – Hingga kini, paket pariwisata yang ditawarkan kepada wisatawan yang berkunjung ke Palembang belum dikelola secara profesional. Padahal kota Palembang yang memiliki potensi wisata yang sangat besar seperti wisata sejarah dan baharinya yakni Sungai Musi. Hal ini diungkapkan Sekretaris Forum Sahabat Lama, H. Toni Panggarbesi usai bersilaturahmi dengan Walikota palembang harnojoyo di rumah dinasnya Jalan Tasik, Palembang, Rabu (11/5).

Mantan kepala dinas pariwisata Sumsel ini mengatakan Palembang yang memiliki sejarah Kerajaan Sriwijaya bersama sungai musinya telah lama terkenal di Asia. Tidak banyak kota besar yang dibelah oleh sungai yang panjang dan besar. Ini menjadi salah satu keuntungan yang dimiliki Palembang .

“Keanekaragaman budaya dan alamnya terutama sungai Musi merupakan daya tarik wisatawan dalam dan luar negeri,” katanya.

Keunikan alam dan budaya yang ada di Palembang, menurut Toni, harus dikemas menjadi paket wisata yang dapat membuka lapangan pekerjaan, lapangan usaha dan meningkatkan perekonomian Palembang.

“Jika tidak dikembangkan potensi yang terdapat di sungai musi, maka dapat dipastikan kemunduran tingkat wisatawan yang ada di Palembang,” ujar Toni.

Di samping meningkatkan perekonomian, pembangunan dermaga-dermaga sebagai zona penjualan kuliner dan cinderamata khas palembang juga dapat menjaga kebersihan sungai yang telah tertata rapi.

“Paket wisata harus dikemas secara profesional dan harus mendapat dukungan penuh dari seniman Palembang. Perluas jaringan atau wisatawan dengan mengadakan pertunjukkan kebudayaan asli dan kreasi seniman Palembang,” tukasnya.

Toni berharap, kedepannya setiap dua minggu atau satu minggu sekali ada pertunjukan budaya dan kreasi seniman Palembang guna menarik minat wisatawan dan harus berganti-ganti tema setiap penampilannya. (korankito.com/ejak)