Bisa Dipercaya

BPBD Siapkan 3 Heli Untuk Pencegahan Kebakaran Lahan 

BPBD
Palembang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dalam menangani penanggulangan kebakaran lahan 2016 ini akan menerapkan pola pendekatan melalui pencegahan dini terhadap potensi terjadinya kebakaran di semua wilayah Sumatera Selatan . Hal ini disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Yulizar Dinoto saat ditemui di kantornya, Rabu (11/5).

Yulizar mengatakan pihak BPBD bekerjasama dengan BNPB menyiapkan pencegahan awal kemungkinan terjadi kebakaran lahan. Untuk tahun ini semua akan dilaksanakan secara dini, mulai dari pendeteksian jumlah titik api hingga memberikan himbauan agar masyarakat tidak melakukan pembukaan lahan dengan melakukan pembakaran. Pencegahan akan dilakukan lebih dini lagi agar kebakaran lahan di tahun kemarin tidak terulang lagi. “Yang akan kita lakukan dalam mencegah kebakaran lahan pada tahun 2016 adalah dengan mengedepankan pencegahan.” Katanya.

BPBD saat ini telah menyiapkan 3 heli Jenis MI-8 MTB berkapasitas 5 ton dari BPBD Pusat untuk melakukan pemantauan sekaligus untuk melakukan eksekusi pemadaman jika terjadi kebakaran lahan. Masing-masing heli akan memiliki kapsitas muatan air cukup besar dalam melakukan water bombing di titik sasaran.

Berita Sejenis

Pria Difabel Tewas Terjebak Kobaran Api

Sumsel Atasi Asap Sejak Dini

Selain heli nanti akan ada 117 kelompok masyarakat peduli api, lalu selanjutnya yang akan dilakukan fokus terhadap patroli dan water bombing melalui udara.

“Intinya tahun ini kita jauh lebih siap jika dibandingkan dengan tahun lalu, semua akan kita benahi belajar dari pengalaman pada tahun 2015 lalu,” jelasnya. (korankito.com/ria)