Bisa Dipercaya

3 Pejabat Pemprov Digadang Gantikan Ucok

IMG_3880_1

Palembang – Tiga nama pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mulai senter diperbincangkan dikalangan pejabat provinsi, pasca H. Ucok Hidayat ditarik Pemrov Sumsel, tiga nama pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mulai diperbincangkan sebagai calon pengganti H Ucok Hidayat sebagai calon Sekretaris Daerah (Sekda) kota Palembang.

Menurut informasi yang namanya minta tidak disebutkan nama tiga pejabat  tersebut yakni Richard Cahyadi, Nasrun Umar dan Musni Wijaya.

Berita Sejenis
1 daripada 3.090

Sementara itu, Gubernur Sumsel H.Alex Noerdin menjelaskan terkait pencopotan H. ucok Hidayat dikarenakan adanya ketidak keharmonisan antara  sekda kota dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD),  para camat dan lain sebagainya. “Ya, Sekda sudah dicopot karena Ucok ditarik sebagai PNS Pemprov Sumsel,” katanya, Selasa (10/5).

Dijelaskannya, ditariknya Ucok menjadi PNS Pemprov Sumsel ini dikarenakan adanya usulan dari Walikota Palembang yang di karenakan juga sudah  tidak lagi harmonis hubungannya dengan walikota, SKPD dan lain sebagainya. “Jadi untuk sementara ini Pelaksana tugas (Plt) Sekdanya Kurniawan,” terangnya.

Terpisah, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel, Muzakir mengatakan Ucok Hidayat  dipindahkan ke Sekretariat Pemprov Sumsel jadi bukan di berhentikan sebagai PNS. Untuk teknisnya, walikota mengusulkan kepada Gubernur Sumsel untuk menarik Ucok Hidayat ke Provinsi Sumsel. “Atas usulan tersebut, gubernur membuat Surat Keputusan (SK) yang terhitung kalo tidak salah kemarin yang menyatakan bahwa Ucok merupakan PNS Pemprov,” terangnya.

Maka dari itu walikota harus mencopot jabatan sekda yang selama ini dijabat oleh Ucok Hidayat. Akibat pencopotan jabatan tersebut otomatis saat ini jabatan Sekda Palembang terjadi kekosongan. “Untuk sementara waktu diisi oleh Pelaksana tugas (Plt) atau Pelaksana harian (Plh),” terangnya.

Dilanjutkan Muzakir, untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda Palembang harus dilakukan tes terbuka. Tes terbuka ini sendiri walikota harus mengumumkan kepada setiap daerah sehingga bisa saja nantinya seperti dari daerah Empat Lawang, Lahat serta Musi Banyuasin (Muba) yang mengikuti tes terbuka tersebut. “Ini loh jabatan (Sekda,red) yang akan dilelang, bagi daerah yang merasa ada perwakilan yang cocok silahkan saja untuk mengikuti open bidding (tes terbuka),” katanya.

Dirinya menambahkan, untuk jabatan Ucok sendiri di Provinsi Sumsel berdasarkan SK yakni fungsional umum pada sekretariat Pemprov Sumsel. “Tapi kami juga masih menunggu laporan pak Ucok ke organisasi sehingga kami dapat mendatanya,” tandasnya. (korankito.com/ria)