Zulinto : Popda 2016, Ajang Cari Bibit Unggul

CIMG1851

Palembang – Sebanyak 951 Atlet yang merupakan perwakilan dari 16 Kecamatan di kota Palembang akan bertarung dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2016. Popda ini akan menjadi ajang untuk mencari bibit unggul disetiap cabang olahraga.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) kota Palembang Zulinto mengatakan bahwa momen ini merupakan program kerja sekaligus untuk mencari wakil-wakil Sumsel di bidang Olahraga. “Apa yang kita lakukan hari ini adalah rangkaian yang berkelanjutan untuk diseleksi menuju tingkat Provinsi dan Nasional,” katanya usai pembukaan Popda di stadion Kamboja, Selasa (10/5).

Dirinya optimis bakal ada bibit-bibit unggul yang didapat dari kejuaraan olahraga tingkat pelajar ini. Sebab dari pandangannya, para pelajar telah dibina dengan baik oleh para pelatihnya.

“Kita berkeyakinan bahwa untuk pelajar kita khususnya tingkat olahraga, sudah sangat baik. Pelatihan-pelatihan telah kita berikan dengan baik. Dan mudah-mudahan kota Palembang ini akan selalu menjuarai tiap pekan-pekan olahraga di Sumatera Selatan,” ujarnya.

Setelah kejuaraan usai, bagi para atlet yang telah menjadi juara akan diberikan hadiah dan pembinaan khusus dari pemerintah sebagai tindak lanjut mereka serta persiapan mengikuti kejuaraan Popda tingkat Provinsi mendatang.

“Semua atlet-atlet berprestasi akan kita beri reward dan pelatihan-pelatihan tersendiri. Kalau ini tidak berkelanjutan maka kita tidak akan mampu membentuk atlet-atlet yang kuat, bagus dan berprestasi. Maka akan kita adakan pelatihan-pelatihan khusus untuk atlet-atlet kita tadi khususnya para pelajar,” kata Zulinto.

Zulinto pun berharap, para pelajar sebaiknya menjunjung tinggi sikap seorang atlet seperti yang telah disampaikan dalam janji atlet. “Tolong prestasi dikedepankan, sportivitas tetap kita jaga dan tim juri juga kita minta di sini kita tidak ada kepentingan. Siapa yang akan menjadi juara dan dia memang yang terbaik, maka yang terbaik itulah yang jadi juaranya,” pungkasnya.

Senada, Kepala Bidang Olahraga Dinas Pendidikan Kota Palembang H. Azhari berharap, para atlet yang menjadi juara kelak dapat mengharumkan kota Palembang. “Semoga nanti akan didapatkan atlet-atlet yang berprestasi, dan pada akhirnya nanti menjadikan kota Palembang juara umum tingkat Provinsi Sumatera Selatan,” tutupnya.

Lebih dari 951 atlet yang akan bertanding ini akan memperebutkan medali di 13 cabang olahraga diantaranya cabor seleksi sepak bola, bulutangkis, tenis meja, tinju, atletik, renang, taekwondo, pencak silat, karate, senam, tenis lapangan, bola basket, dan sepak takraw. Kesemuanya akan digelar serentak mulai dari hari ini sampai 13 Mei 2016. (korankito.com/resha)