Ponpes dan Masjid di Lahat Khatamkan Al Quran

IMG_20160507_00223143
Lahat – Program Nusantara Mengaji di kabupaten Lahat yang digelar 24 jam nonstop berlangsung lancar. Kegiatan yang digelar di beberapa tempat pengajian, masjid dan pondok pesantren diikuti ratusan umat Islam dari berbagai penjuru kota Lahat.
“Program ini merupakan ide dari Ketua Umum (Ketum) PKB, H Muhaimin Iskandar diselenggarakan secara serentak diseluruh penjuru Indonesia. Untuk Lahat sendiri target kita 600 kali Khatam Al-Quran dan Alhamdulillah semua terpenuhi, dengan pembukaan dilaksanakan di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ikhlas Desa Masam Bulau, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi,” kata Koordinator Daerah (Korda) Nusantara Mengaji Kabupaten Lahat sekaligus Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), kata Parisman SAg, Minggu (8/5).
Menurut Parisman, program Nusantara Mengaji ini dimulai pada 7 Mei, tepat pukul 19.00 WIB dan berakhir 8 Mei dengan waktu sama. 24 jam sehari semalam umat Islam melantunkan ayat suci Al-Quran yang tujuannya berdoa untuk keberkahan, keselamatan dan kesejahteraan bangsa.
“Bukan hanya diikuti santri dari Ponpes semata, melainkan, penduduk desa maupun masyarakat Bumi Seganti Setungguan Kabupaten Lahat secara serentak membaca ayat-ayat Al-Quran,” ungkapnya.

Selain di Ponpes Al-Ikhlas, program khatam Al-Quran ini juga dilaksanakan di Ponpes Abdur Rohman, Desa Bungamas, Kecamatan Kikim Timur, Ash-Shomadiyah, Arahan, Merapi Timur, Al-Fatah dan Al-Kautsar, Kota Lahat, Ponpes Darul Jannah Cempaka Putih, MAN Lahat dan beberapa masjid di Kota Lahat.
“Dengan terselenggaranya program Nusantara Mengaji ini akan memberikan kontribusi positif demi kemajuan, keselamatan dan kesejahteraan masyarakat umumnya dan Bangsa Indonesia pada khususnya.,” tuturnya.

Ia pun berharap mudah-mudahan di tahun mendatang, kegiatan seperti ini terus dilakukan. Sehingga terciptanya kedamaian, ketenangan dan kesejahteraan secara merata disegala aspek bidang dan Bangsa Indonesia terhindar dari hal-hal tidak diinginkan terjadi.

Cici, salah satu peserta di Masjid Talang Jawa, Kota Lahat mengatakan, mereka bersemangat. “Baru pertama kali, apalagi usia yang membaca juga beragam baru pertama kita menghatamkannya, kami semangat walaupun pelan-pelan di surau ini,” kata Cici. (korankito.com/rika)