Kantor Pos Mulai Bagikan KPS

www.tnp2k.go.id

Palembang – Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang merupakan pengganti Kartu Perlindungan Sosial (KPS) mulai didistribusikan ke rumah tangga sasaran (RTS) oleh Kantor Pos sejak satu pekan terakhir. Pemerintah Pusat menargetkan seluruh kartu sudah dapat didistribusikan pada 16 Mei mendatang.

 

Kepala Kantor PT Pos Indonesia Regional III Dimat Tjachrudi menuturkan, jika seluruh kartu didistribusikan dengan cara diantar langsung ke rumah RTS. Hanya saja, banyak masyarakat yang langsung datang ke Kantor Pos untuk melakukan pencairan dana.

 

“Mereka kira sudah dapat KKS, besoknya bisa langsung mencairkan uang bantuan dari pemerintah. Padahal KKS ini baru akan berfungsi ketika ada bantuan pemerintah, seperti PSKS (Program Sosial Keluarga Sejahtera,” ungkap Dimat saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (4/5).

 

Diungkapkannya, selama satu pekan ini cukup banyak warga yang datang ke Kantor Pos. “Kami merasa kasihan pada warga karena datang ke Kantor Pos kan harus ada ongkos, padahal penerima KKS ini merupakan warga yang tidak mampu. Kami berharap RTS dapat teliti membaca amplop yang diberikan, karena di dalamnya ada penjelasan lengkap tentang KKS,” terangnya.

 

Selama proses pendistribusian, Dimat menuturkan kendala terberat yakni tak lengkapnya alamat yang tercantum pada muka amplop. Petugasnya terpaksa untuk ekstra keras mencocokkan alamat di amplop dengan yang terdata di Daftar Serah Kolektif (DSK). Hanya saja, dibutuhkan waktu yang ekstra panjang mengingat banyak RTS yang memiliki nama yang sama dan perlu dicocokkan barcode pada muka amplop.

 

“Kami dilarang keras membuka isi amplop, sehingga kami tidak tahu rupa kartu itu. Hal terkait tak lengkapnya alamat ini telah kami laporkan ke pusat, karena jujur saja kami kesulitan karena harus mencocokkan begitu banyak alamat pada amplop dan DSK,” jelasnya.

 

Ia pun berharap, adanya bantuan dari pihak terkait seperti RT, RW, lurah, juga camat dalam hal pendistribusian KKS. “Mohon bantuan RT dan RW setempat, karena kita dikejar waktu. Kami meminta bantuan aparat setempat sehingga sesuai target penyelesaian yang ditetapkan,” katanya.

 

Sebagai informasi, jumlah KKS yang didistribusikan sebanyak 355.792 kartu dan tahap pertama didistribusikan sekitar 215 ribu kartu. Sedangkan, untuk tahap selanjutnya ini akan didistribusikan lagi sebanyak 139.762 kartu sisanya lagi yang saat ini masih dalam tahap verifikasi. (korankito.com/ejak)