Tertipu Kenalan Facebook, Rp 33 Juta Raib

Jpeg

Palembang – Selain menjadi sarana yang efektif bagi para penjahat seksual, Facebook juga kerap dijadikan alat penipuan. Seperti contohnya yang dialami oleh seorang wanita dari Baturaja ini.

Seorang wanita bernama Okta Rina (26) warga Jalan Ratu Penghulu Karang Sari No 04 RT 18, RW 006, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Baturaja Timur, Ogan Komering Ulu (OKU), menjadi korban penipuan dan harus merelakan uangnya yang berjumlah Rp33 juta melayang sia-sia.
Penipuan tersebut dialaminya, setelah Okta berkenalan dengan seorang pria yang mengaku warga negara asing bernama John Smit di Facebook. Atas peristiwa yang dialaminya tersebut, membuat ia mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polresta Palembang, Rabu (4/5).
Didepan petugas SPKT, Okta (korban) menceritakan kejadian bermula ketika dirinya berkenalan dengan seseorang melalui jejaring sosial Facebook bernama John Smith yang mengaku sebagai Warga Negara Asing (WNA).
Setelah itu, pelaku berniat menemui korban di Palembang, dan ia pun menungg

u kehadiran pujaan hatinya tersebut. Namun, korban mendapatkan telpon dari seseorang yang mengaku pihak Bea Cukai dari Provinsi Bali yang menyebutkan bahwa John Smith ditahan pihak Bea Cukai itu. John Smith juga dalam telpon itu meminta agar korban mengirimkan sejumlah uang untuk pembebasannya. Karena ingin pujaan hatinya dibebaskan, ia pun mengirimkan uang sebesar Rp 12 Juta.
“Setelah ditransfer yang pertama, dia kembali meminta uang sebesar Rp 21 juta, lalu saya kirimkan 21 juta. Jadi, kerugian yang saya alami sebesar Rp33 juta. Saya berharap agar pelaku cepat ditangkap,” jelasnya.
Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Palembang, Maruly Pardede mengatakan pihaknya sudah menerima laporam dari korban untuk segera ditindak lanjuti. “Kita akah segera melakukan penyelidikan guna menangkap para pelaku,” ucapnya singkat. (korankito.com/denny)