Bisa Dipercaya

Rekomendasi DPRD Jadi Prioritas Dalam Pembangunan Lahat

IMG_5830Lahat- Rekomendasi yang disampaikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Lahat tahun anggaran 2015, sebagai  pertimbangan dalam menjalankan roda pemerintahan maupun program-program kerja.

Ketua DPRD Lahat, Herliansyah SH MH disampaikan Juru Bicara (Jubir), Tubagus Abdus Somad SPdi mengatakan, 24 rekomendasi ini tentunya dapat dijadikan momentum bagi Pemkab Lahat dalam  program-program kerja dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Kita ketahui, bahwa Pemkab Lahat telah semaksimal melaksanakan pembangunan dalam berbagai sektor, akan tetapi, beberapa dari itu diperlukan perhatian prioritas, supaya memang tepat sasaran dalam mensejahterakan masyarakat,” katanya, Selasa (3/5).

Berita Sejenis

Delapan ‘Teroris Jakfar’ Ditetapkan Tersangka

Juruparkir Cekoki Miras dan Perkosa Bocah SD

Kids Zaman Now Menguncangkan Dunia

1 daripada 3.081

DPRD  pada dasarnya mengapresiasi program peningkatkan infrastuktur terutama jalan dan jembatan Kabupaten Lahat, tetapi jangan sampai hanya tertumpu pada satu daerah kecamatan walaupun sebagai ibukota kabupaten yang dibangun berturut-turut tiap tahun, padahal di wilayah kecamatan lain masih banyak jalan dan jembatan, 3 sampai 5 tahun belakangan belum tersentuh,  pengalokasian dana dimungkinkan untuk diperbesar pada alokasi peningkatan sarana perekonomian kerakyatan, terutama sarana irigasi pedesaan karena masih banyak irigasi desa yang terlupakan untuk dibangun.

“Disarankan kepada perangkat daerah untuk fokus pada salah satu komoditi unggulan yang mungkin dapat dijadikan sebagai ikonnya Kabupaten Lahat yang berbasis pada ekonomi kerakyatan, kemudian, untuk mempertahankan keberhasilan Lahat mencapai swasembada pangan, maka diharapkan agar memprioritaskan anggaran APBD untuk pembangunan irigasi dan percetakan sawah baru, selanjutnya, kepada Bupati Lahat, disarankan agar menyiapkan anggaran cadangan untuk mengantisipasi datangnya bencana daerah seperti, banjir, tanah longsor dan lain sebagainya,” terang Tubagus.

Rekomendasi yang disampaikan, tentunya menjadi catatan-catatan strategis dalam mendukung terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang baik di Lahat dan memantapkan komitmen guna meningkatkan kesejahteraan.
“Agar terwujudnya Lahat Bangkit 2018 agar menjadi landasan terbentuknya hubungan check and balances yang lebih seimbang antar Kepala Daerah dan DPRD, dengan begitu, kesetaraan dan kemitraan hubungan kedua belah pihak dalam menjalankan fungsi eksekutif maupun legislatif bersinergi,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE mengungkapkan, sangat berterima kasih kepada rekan-rekan anggota dewan dengan adanya rekomendasi ini sebagai bahan pertimbangan ke depannya.
“Rekomendasi ini sebagai prioritas dalam membangun dan menggerakkan roda pemerintahan agar lebih baik lagi secara bersama-sama dengan SKPD maupun DPRD ke depan,” paparnya.rika