Sekda Lahat Sidak Titik Pantau Adipura

sekda nasrun aswari, sidak lokasi titik pantau adipuraLahat –Pemerintah Kabupaten Lahat terus bersemangat untuk meraih Piala Adipura yang merupakan penghargaan tertinggi bagi kabupaten/kota dibidang kebersihan dan kerapian. Semangat itu ditunjukkan oleh Sekretaris Daerah kabupaten Lahat, Nasrun Aswari dengan melakukan pemantauan langsung ke beberapa tempat titik pantau penilaian Adipura 2016, Senin (25/4).

Sejumlah titik yang dikunjungi seperti wilayah perkantoran yang jadi pendukung  penilaian Adipura,  Sekolah Dasar Percontohan, Rumah Sakit Umum Daerah, SMP Negeri 5 Lahat, dan SMA Negeri 2 Lahat. “Sidak ini dilakukan untuk melihat lokasi penilaian titik pantau Adipura, dan melihat kebersihan lingkungan yang menjadi penilaian Adipura,” ungkap Nasrun.

Dijelaskannya, bahwa sidak ini juga tidak hanya memantau titik pantau Adipura tapi memantau kondisi kota Lahat secara keseluruhan. ” Kota Lahat harus bebas dari sampah karena sampah merupakan tanggung jawab kita bersama,” jelasnya.

Nasrun juga meminta agar disetiap instansi memiliki bank sampah yang tujuannya agar sampah yang ada bisa diolah, digunakan sebagai pupuk organik. “Sampah plastik bisa digunakan atau didaur ulang menjadi yang lainnya yang bermanfaat,” papar Nasrun.

Sebagai contoh pengolahan sampah di RSUD Lahat terlihat dibagi menjadi beberapa bagian. Nasrun  sangat antusias dan puas dengan pengelolaan sampah yang ada di kotak sampah dan penumpukan di pengomposan sampah RSUD Lahat. “Ya memang harusnya pengelolaan dibagi sesuai klasifikasinya,” tegasnya.

Ia pun berharap agar tidak ada lagi sampah yang berserakan di lingkungan rumah sakit , maupun lingkungan masyarakat. Ia juga meminta agar masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

Kami minta lingkungan jangan cuma dijaga untuk Adipura saja. Kesadaran bersama untuk menjaga lingkungan,” pinta Nasrun. (korankito.com/rika)