Jual Shabu, Sarwani Divonis 4 Tahun

20160426_140346Palembang-Terdakwa Sarwani (28) alias Dadang, warga Jalan Veteran, Lorong Karyawan no 774, RT15/04, Kelurahan 9 Ilir, Kecamatan IT II, Palembang, akhirnya divonis empat tahun penjara karena menjadi perantara jual beli sabu, pada sidang lanjutan yang digelar di Pengadilan Negeri Palembang, Selasa (26/4).

Sidang yang dipimpin Majelis Hakim Mion Ginting memutuskan terdakwa Adi Saputra terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 114 ayat (1) Undang Undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Hal yang memberatkan, terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas peredaran narkotika. Selain itu narkotika juga merusak generasi muda. Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa  berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

“Menuntut terdakwa Sarwani alias Dadang dengan pidana penjara selama empat tahun penjara dikurangi selama terdakwa menjalani masa penahanan sementara dan denda sebesar Rp800 juta rupiah subsidair tiga bulan penjara. Barang bukti paket kecil shabu seberat 0,50 gram dirampas untuk dimusnahkan,” kata Mion.

Setelah bacaan keputusan Majelis Hakim menanyakan apakah terdakwa menerima putusan dan mempersilakan terdakwa berpikir dan berkonsultasi dengan penasehat hukumnya.

Putusan Majelis Hakim ini lebih ringan dari tuntutan yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). JPU pada sidang bacaan tuntutan sebelumnya menuntut terdakwa dengan kurungan penjara selama empat tahun enam bulan. Dan atas putusan dari majelis hakim tersebut terdakwa menerima putusan tersebut.korankito.com/ria