Mei, PLTMG Sematang Borang Beroperasi

ahmad nopanPalembang – Dua unit mesin turbin Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Sematang Borang Palembang segera beroperasional. PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) selaku pengelola memastikan pada 20 Mei akan dimulai uji coba operasional dua mesin ini.

Direktur Utama PT SP2J Ahmad Nopan mengatakan, seluruh hal berkenaan operasional sudah siap. Di awal Mei mendatang bahkan telah siap dilakukan komisioning COD untuk memastikan mesin dengan kapasitas 14 Megawatt tersebut siap digunakan.

“Pertamina IP Gas sudah melakukan gas in pada 4 April lalu, sehingga tidak ada kendala lagi untuk mulai mengaktifkannya. Insya Allah akan kita uji coba pengalirannya pada 20 Mei mendatang,”kata Nopan, Mingu (24/4).

Dilanjutkan Nopan, nantinya dua mesin ini diperkirakan dapat membantu pengaliran listrik ke sekitar 10 ribu rumah yang berada di kawasan Kecamatan Sako dan Sematang Borang. Saat ini, menurut Nopan PT SP2J dan PLN telah sepakat terkait harga listrik yang dihasilkan nantinya.

Operasional PLTMG milik Pemkot Palembang ini memang ditunggu, karena diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari keuntungan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Berapa besaran kontribusi untuk PAD ke depannya itu akan dibicarakan lagi. Yang jelas kita operasionalkan mesin ini dengan segera,” tuturnya.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi II DPRD Palembang, Aidil Adhari menyatakan jika pihaknya terus meminta PT SP2J mengoperasionalkan PLTMG ini dengan segera. Menurutnya, berdasarkan laporan PT SP2J operasional PLTMG ini dapat memberikan kontribusi bagi PAD hingga Rp1 Miliar dalam setiap bulannya.

“Tentu nilai itu sangat besar artinya bagi PAD Kota Palembang. Justru dengan belum beroperasionalnya akan menyebabkan bengkaknya biaya operasional untuk perawatan mesin,” katanya. (Korankito.com/reno)