Walhi Gelar PNLH di Palembang

IMG_20160422_162221_HDRPalembang – Pertemuan Nasional Lingkungan Hidup (PNLH) ke-12 yang diselenggarakan empat tahun sekali, kali ini digelar di kota Palembang. PNLH ini akan digelar Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) pada 22-27 April di Wisma Atlit Jakabaring Sport City Palembang. PNLH ini dibuka langsung Walikota Palembang yang diwakilkan Asisten II Bidang Pembangunan, Handayani di Kambang Iwak, Jumat (22/4).

Pembukaan PLNH ini ditandai dengan pengguntingan pita dan pemotongan nasi tumpeng oleh Handayani yang didamping Direktur Walhi Pusat, Dadang Sudrajat dan Direktur Walhi Sumsel, Hadi Jatmiko.

Handayani dalam sambutannya mengatakan wilayah kota Palembang memiliki beberapa hutan kota yang penyuplai oksigen bagi masyarakat Palembang. Hutan kota yang dimiliki Palembang seperti hutan Punti Kayu, Pulau Kemaro dan Gandus dan daerah lainnya yang ada di Palembang. Penyediaan hutan kota ini sesuai dengan Perda kota Palembang No 6 tahun 2007 dimana kota wajib menyediakan ruang terbuka hijau untuk paru-paru kota.

“Saya sangat bangga kepada Walhi yang telah menyelenggarakan acara ini, karena dapat mengembalikan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya lingkungan hidup,” katanya.

Sementara, Dadang Sudrajat mengatakan di Indonesia ini banyak daerah yang memiliki potensi untuk menunjang kearifan lingkungannya. Walhi berkeinginan untuk mengangkat kembali kearifan lokal tersebut.

“Saya harap dalam festival ini dapat menjadi momentum kepada masyarakat dan pemerintah dalam melawan ancaman kerusakan lingkungan hidup,” katanya seraya menambahkan wahana kelola rakyat di Kambang Iwak ini diharapkan dapat menambah antusias warga Palembang agar lebih mencintai produk dan kerajinan asli Indonesia. (Korankito.com/ejak)