Jaksa Masuk Sekolah Meriahkan Hari Kartini

JAKSA MASUK SEKOLAH 1Lahat- Sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Lahat rata-rata mengadakan berbagai kegiatandalam rangka memperingati Hari Kartini, Kamis (21/4).  MTSN Lahat, misalnya melakukan upacara dan parade pakaian Kartini yang memiliki tema masing-masing setiap kelas.

Selain itu di SMAN 2 Lahat mendatangkan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Helmi W SH MH secara langsung untuk memimpin jalannya upacara bendera, sekaligus juga memberikan ‘wejangan’ kepada segenap siswa dan siswi yang ada. Hal ini juga berkaitan dengan program Jaksa Masuk Sekolah yang saat ini tengah digalakkan.

Kajari Helmi mengatakan, momen Hari Kartini jelas bukan momen biasa, khususnya bagi kaum perempuan di Indonesia. Karena jelas, jasa-jasa pahlawan perempuan Indonesia itu sudah banyak memberikan makna pentingnya mengenai keseteraan gender, antara kaum laki-laki dan perempuan di segala sisi kehidupan bermasyarakat sehari-hari.

“Kita bisa lihat, saat ini begitu banyaknya perempuan-perempuan hebat yang memimpin dan bahkan mempunyai kuasa untuk mengambil kebijakan di semua sektor kehidupan ataupun dunia kerja,” ungkap Helmi.

Menyinggung program Jaksa Masuk Sekolah, Helmi mengatakan ke depan memang sesuai perintah dan arahan dari Jakarta untuk menyusun suatu program yang bisa menyatu dengan lingkungan sekolah, khususnya kalangan siswa mengenai masalah hukum.

“Minimal, dengan dipahami beberapa aturan hukum yang ada, ke depan siswa dan siswi di Lahat menjadi faham akan batasan-batasan perbuatan mana saja yang baik, benar dan aman sesuai aturan hukum yang ada,” ungkap Helmi lagi.

Kepala SMAN 2 Lahat, Tri Kurniadi menyambut positif kegiatan yang dilakukan pihak kejaksaan karena belakangan bahaya penyalahgunaan narkoba sudah sangat  membahayakan.

“Jika tidak sedini mungkin dicegah, bukan tak mungkin generasi muda yang ada ini bakal terjerumus ke lembah hitam dan akan merusak tatanan masa depannya,” tegas Tri.rika