Ratusan Anggota Polresta Palembang Test Urine Mendadak

IMG_20160420_145223Palembang-Upaya pemberantasan penyalahgunaan narkoba terus gencar dilakukan. Tidak hanya, di instansi-instansi pemerintahan, tes urine juga dilakukan terhadap anggota Polresta Palembang.

Setidaknya 500 anggota yang bertugas di wilayah hukum Polresta Palembang menjalani tes urine di halaman Polresta Palembang, Rabu (20/4) mulai pukul 08:00 hingga 11:30 WIB.

Pemeriksaan urine kali ini dilakukan secara menyeluruh tanpa terkecuali, baik itu Kapolres, Kapolsek, Kasat, Kabid, Kabag, dan seluruh anggota. Hasilnya, dari 500 anggota yang menjalaninya, semuanya dinyatakan negatif menggunakan narkoba.

“Allhamdullillah, dari hasil tes urine ini, semua anggota negatif,” jelas Wakapolresta Palembang AKBP Iskandar F Sutisna saat ditemui usai melakukan kegiatan tes urine.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan secara mendadak tersebut, berdasarkan perintah Kapolda Sumsel Irjen Pol Djoko Prastowo yang menginginkan seluruh anggotanya melakukan tes urine tanpa terkecuali.

“Sekarang baru 500 anggota yang dikakukan tes urine. Tapi, belum menyeluruh yang diperiksa. Anggota yang belum, akan kita lakukan juga, tanpa terkecuali. Namun, untuk waktunya kita tidak memberitahukannya,” katanya.

Iskandar menambahkan, pihaknya akan mekakukan tes urine secara rutin, agar anggotanya terbebas sebagai pengguna maupun pengedar narkoba. “Kita akan lakukan secara mendadak. Kapanpun bisa dilaksanakan, karena ini merupakan kewajiban kita sebagai pimpinan dan atasan bagi para anggota,” jelasnya.

Jika ditemukan ada yang positif, anggota tersebut akan direhabilitas di SPN. Namun, kalau sudah tidak dapat lagi dibina, maka akan diproses. “Tak bisa langsung dipecat, namun ada proses terlebih dahulu, sidang disiplin dulu bagi para anggota,”pungkasnya. (korankito.com/deny)