Bisa Dipercaya

Jalan Tol Salah Satu Cara Atasi Kemacetan Palembang

3-Rekonsiliasi Data BPJS PNS
Mukti Sulaiman

Palembang-Untuk menanggulangi kemacetan yang semakin parah baik di kota maupun daerah-daerah, pembangunan jalan bebas hambatan atau jalan tol adalah salah satu caranya. Dengan lancarnya jalur transportasi antarkota diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Pembangunan Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang sekitar 106Km ini sudah dalam tahap persiapan atau pembebasan lahan. Jika pembebasan lahan ini selesai, akan segera dilaksanakan pembangunan jalan tol tersebut.

Berita Sejenis
1 daripada 3

Menurut Sekda Pemprov Sumsel Mukti Sulaiman, pembangunan jalan tol ini dilakukan oleh pihak swasta yang telah ditunjuk oleh pemerintah yaitu PT Sriwijaya Mandiri Persada. PT (Perseroan Terbatas-red) itu kan mempunyai saham-saham atau pemegang modal, tidak hanya dari satu orang saja. “Tentu saja modalnya dari pihak swasta, keterlibatan Sekda hanya sebatas mendukung koordinasi pembebasan lahan saja,”kata Mukti Sulaiman, Rabu (20/4).

Walaupun pembangunan itu dilaksanakan oleh pihak swasta, pemerintah harus terlibat di dalamnya sebagai penengah apabila nanti ada sengketa lahan yang akan menjadi jalur pembangunan jalan tol.

“Silakan saja nanti kalau ada yang mau mengklaim lahan tersebut, nanti kita uji surat-suratnya dan apabila kedua belah pihak masih bersikeras tidak ada yang mau mengalah maka persoalan ini akan kita bawa ke meja hijau,”tegas Mukti.

Di Kayu Agung sudah dimulai tahap pembebasan lahan. Tahapan pelaksanaannya itu pihak swasta akan melakukan pembebasan lahan, setelah itu Gubernur akan diminta untuk menetapkan lokasinya. (korankito.com/ejak)