2 Tahun Jalan Ini Tak Pernah Mulus

22.02.KABARKITO.DRSDPalembang-Jalan utama di area pintu masuk komplek perumahan Pemerintahan Kota (Pemkot) Palembang , di Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Gandus, Palembang, semakin mengalami kerusakan parah dan memprihatinkan.

Hampir dua tahun ini jalan tersebut tak kunjung mulus. Alhasil sejumlah penghuni di perumahan milik Pemkot Palembang ini berangsur-angsur meninggalkan tempat hunian rumah bertipe 36 ini.

“Kalau tidak salah hampir dua tahun ini jalan tidak lagi bagus, terlebih sekarang ini sedang musim hujan jalan semakin rusak parah saja,” ujar Riyan, warga setempat yang juga abdi negara di lingkungan Pemkot Palembang.

Diakuinya saat ini di area perumahan tidak hanya perumahan Pemkot Palembang saja, melainkan juga ada pengembang lain yang turut membangun di kawasan tersebut.

“Ada juga Perumahan Griya Meteor Indah yang developernya PT Vinayaka, namun tetap tidak membuat jalan bertambah baik,” keluhnya.

Bahkan kerusakan yang paling parah terjadi di blok BG. Jalan perumahan tersebut saat hujan turun lebih mirip kolam retensi mini. “Kami berharap dinas terkait melakukan pengerasan jalan” katanya.

Menanggapi kondisi jalan ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya Kota Palembang Syaiful, mengatakan, pihaknya  belum menerima laporan adanya kerusakan jalan di lingkungan perumahan Pemkot tersebut, karena itu perbaikan jalan belum dapat dilakukan tahun ini.

“Kalau sudah ada laporan dari warga atau RT setempat, kita baru bisa mengusulkan untuk perbaikan dengan cara mengajukan perbaikan di Musrenbang,” katanya, Minggu (17/4), usai gotong royong di  Komplek Graha Cipta Pratama, Kelurahan  Lebung Gajah, Kecamatan  Sematang Borang.

Setiap ada jalan yang rusak, kata Syaiful, warga bisa mengusulkan langsung perbaikan melalui RT setempat yang akan diteruskan ke tingkat kelurahan hingga kecamatan.

“Kalau untuk tahun ini saja banyak yang akan dilakukan perbaikan jalan, tetapi itu laporan yang telah kita terima dari kecamatan setempat yang dilaporkan oleh RT,” katanya.Ria