Bisa Dipercaya

Mengoptimalkan TPA Sampah Sebagai Pembangkit Listrik

IMG_20160416_115721Palembang-Walikota Palembang Harnojoyo menyerahkan bantuan alat berat untuk tempat pembuangan akhir (TPA) sampah  Sukawinatan, Sabtu (16/4).

Bantuan yang diberikan berupa eksavator dan buldozer ini untuk mempermudah kinerja pengelolaan sampah di TPA Sukawinatan menjadi pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa), dengan kekuatan daya sebesar 500Kw atau bisa menghidupkan listrik rumah tangga dengan daya 2.000 watt sebanyak 250 rumah. “Sudah ada 3 investor asing yang melirik PLTSa kita ini,” kata Harnojoyo.

Menurut Harnojoyo, dengan luas lahan 24 hektare diyakini dapat mengatasi masalah kebersihan dan dapat dipergunakan untuk membangkitkan tenaga listrik.

Berita Sejenis
1 daripada 8

“Apabila kekurangan sampah, kita dekat dengan Banyuasin, kita dekat dengan Ogan Ilir, tinggal minta saja sampah mereka,” ujar Walikota Harnojoyo.

Harnojoyo juga mengajak masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan anak cucu bisa menikmatinya di kemudian hari.

Sementara itu Saparudin Kabid TPA menambahkan penambahan daya ke PLN sebesar 500kw dialirkan dari PLTSa ke gardu induk PLN. Kemudian PLN yang akan mengalirkan listrik ke masyarakat.
Produksi sampah di Palembang 700ton per hari. Sampah yang bisa digunakan untuk menjadi tenaga listri adalah sampah yang sudah tertumpuk di sini selama 3 tahun lebih,” katanya. (korankito.com/ejak)