Warga Serahkan Beruang Madu ke Polda

_20160414_133812Palembang-Seekor beruang madu bernama latin helarctos malayanus diserahkan warga ke Mapolda Sumsel untuk dikirim ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Palembang, Kamis (14/4).

Kasubdit IV Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Ditreskrimsus Polda Sumsel AKBP Tulus Sinaga, mengungkapkan, beruang tersebut baru saja diserahkan warga berikut kandangnya. Namun, saat ditanya siapa pemilik beruang tersebut, Tulus enggan menyebutkan inisial yang bersangkutan. “Beruang ini tadinya dipelihara oleh seorang warga yang tinggal di Palembang. Tadi secara sukarela dia serahkan kepada kita, dan kita menyambut baik,” ujar Tulus.

Tulus juga tidak mengetahui asal, jenis kelamin dan usia satwa yang dilindungi tersebut. Agar tidak membahayakan kondisinya, beruang tersebut langsung dikirim ke BKSDA Sumsel. “Langsung kita bawa saja karena domain merawatnya sebelum dilepasliarkan adalah BKSDA. Tugas kita sebatas ini saja,” ujarnya.

Tulus mengimbau bagi warga yang memelihara satwa dilindungi agar segera menyerahkannya ke pihak berwenang. Sebab, jika tertangkap tangan memeliharanya dikenakan sanksi sesuai Undang Undang. “Belum tahu apa masih ada yang memelihara satwa seperti itu. Kita imbau segera serahkan sebelum ditindak tegas,” katanya.(korankito.com/krdo)