Delegasi Pengusaha AS Akan Jajaki Sumsel

PicsArt_1460014172090Delegasi yang terdiri dari sejumlah pengusaha Amerika Serikat (AS) akan berkunjung ke Sumatera Selatan (Sumsel), bulan depan, untuk menjalin kemitraan yang berkaitan dengan Asian Games, ekonomi, infrastruktur serta pendidikan.

 Konsul AS wilayah Sumatera, Y Robert Ewing mengemukakan, kedatangan delegasi AS nanti akan menggali potensi kerjasama apa saja yang dapat dilakukan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel.

“Amerika Serikat melihat potensi besar di Sumsel. Untuk itu, Mei mendatang delegasi Amerika akan datang ke Sumsel bersama dengan perusahaan-perusahaan asal Amerika untuk membahas berbagai topik terkait kerjasama dan kemitraan,” ungkap Y Robert Ewing seusai bertemu dengan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, di Griya Agung, Kamis (7/4).

Robert mengatakan, secara pribadi dirinya mengakui sangat senang sekali datang ke Sumsel dan berdiskusi langsung dengan Gubernur tentang perdagangan, program pendidikan dan ekonomi di Sumsel serta membahas tentang dukungan AS terhadap penyelenggaraan Asian Games 2018 di Sumsel.

Menurut dia, Amerika sejak lama telah menjalin kemitraan dengan Sumsel terutama tentang perdagangan, kebudayaan, ekonomi dan pendidikan. “Sumsel merupakan provinsi maju yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat. Saya melihat potensi yang besar disini,” ungkapnya.

Selain membahas tentang Asian Games, dalam pertemuan dengan Alex Noerdin tersebut juga dibahas tentang masyarakat Sumsel dan program-program Pemprov Sumsel. Selain itu, ada juga beberapa universitas di Amerika sangat tertarik untuk menjalin kemitraan dengan universitas di Sumsel untuk bidang seni. “Kami juga nanti akan membahas dukungan Amerika soal  sistem keamanan, teknologi, tata kota dan smart city dalam pelaksanaan Asian Games,’’ kata Robert.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, kedatangan Konsul Amerika untuk Sumatera dalam rangkaian menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat ke 240 tahun. Alex menjelaskan, Amerika Serikat mengadakan kerjasama dengan pemerintah di Pulau Sumatera khususnya Provinsi Sumsel. “Saat kunjungan delegasi Amerika Serikat Mei nanti akan kita undang beberapa Gubernur di Sumatera untuk membahas kerjasama apa saja yang dapat dilakukan. Seperti infrastruktur untuk energi dan dukungan Amerika terhadap penyelenggaraan Asian Games di Sumsel,” pungkasnya.(adv.hms)