Bisa Dipercaya

Putra Terbaik Sumsel Bicara Teroris di Sidang PBB

Irjen-Pol-Tito-Karnavian-700x400Jakarta-Putra terbaik Sumsel yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Tito Karnavian menjadi pembicara di sidang PBB di Jenewa, Swiss. Di depan Sekjen PBB Ban Ki Moon dan perwakilan 100 negara, Tito menyampaikan upaya melawan ekstrimisme.

“Permasalahan terorisme saat ini bukan sekedar masalah lokal. Setiap negara perlu melakukan pendekatan keras dan lunak secara simultan. Baik dengan upaya penegakan hukum terhadap jaringan terorisme yang menggunakan kekerasan terhadap warga sipil tidak bersalah, maupun upaya menetralisir ideologi kekerasan serta situasi yang membuat gerakan itu berkembang,” jelas Tito dalam sidang pada 7-8 April itu seperti dikutip detikcom, Sabtu (9/4).

Selain Tito, yang menjadi kepala delegasi Indonesia di sidang itu, ikut juga Deputi Kerjasama Internasional BNPT Irjen Pol PR Golose.

Berita Sejenis

Mengejar Impian Demi Sang Ayah

Sumsel Bakal Ciptakan Pramuka Berwawasan Ilmiah

Meilia : Utamakan Penunjang Akademik Mahasiswa

1 daripada 3.100

Tito juga dalam pidatonya, mengajak elemen masyarakat madani untuk berperan aktif mengatasi ekstrimisme.

Selain itu Tito juga menyarankan agar daerah-daerah konflik yang menjadi centre of gravity gerakan ekstrimisme diberikan prioritas penyelesaian dengan baik.

“Menciptakan tata hubungan internasional yang bersahabat, konstruktif dan saling menghormati juga akan membuat banyak pihak merasa nyaman dan tidak menggunakan cara kekerasan seperti terorisme untuk memperjuangkan kepentingannya,” sambung Tito.

Sementara itu Sekjen PBB Ban Ki Moon menyampaikan permasalahan terorisme saat ini sangat erat kaitan dengan ekstrimisme kekerasan, sehingga perlu dicegah. Di antaranya dengan upaya setiap negara sesuai karakteristik, melakukan kerjasama internasional dengan PBB sebagai salah satu motor utama.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Badrodin Haiti memberikan kenaikan pangkat terhadap 20 perwira Polri, satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya. Salah satunya yakni Kepala BNPT Irjen Tito Karnavian.

Dengan bertambahnya 1 bintang lagi di pundak, pangkat mantan Kadensus 88 Polri itu naik menjadi Komisaris Jenderal (Komjen). Jabatan Kepala BNPT memang adalah tugas bintang 3.

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Telegram bernomor STR/238/IV/2016 tertanggal 8 April 2016. Selain Tito, ada 19 perwira tinggi lainnya yang naik menjadi Irjen dan Brigjen. Detikcom