Merombak Tepi Lematang Menjadi Tempat Wisata

 IMG_3952Lahat-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat tengah menyiapkan sepanjang tepian Sungai Lematang menjadi kawasan taman kota dan wisata. Daerah yang disebut kawasan benteng itu rencananya akan dibangun jalan di atas bendungan sepanjang 1 km.

 Bupati Lahat, H Aswari Riva’i mengatakan, pihaknya berencana mengembalikan fungsi dari Benteng Lematang menjadi kawasan yang asri dan nyaman. “Dahulu tempat ini satu-satunya hiburan kita berenang dan berlibur. Pohon besar yang ada ditata semakin asri. Juga pusat jajanan Lahat,” kata Aswari.

Kepala Dinas PU Bina Marga (BM) dan pengairan Kabupaten Lahat, Ir Herman Oemar membenarkan hal tersebut. Dikatakannya, nantinya di lapangan akan ada dan dibangun akses jalan sepanjang 1 Km, hingga ke kawasan bendungan di Lahat Tengah.

“Kita saat ini sedang membuat pembangunan akses jalan di pinggir tepian Sungai Lematang Lahat. Dimana akses tersebut nantinya menuju langsung ke bendungan di Lahat Tengah, disamping nantinya akan menata kawasan benteng untuk jadi taman dan pondok-pondok kuliner,” ungkap Herman.

Dilanjutkannya, kawasan benteng juga nantinya kurang lebih akan dibuat persis menyerupai layaknya kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) di Palembang. Dimana diharapkan kedepan, lokasi akan menjadi lebih tertata rapi, dan suasana bisa menarik, karena akan banyak pondok-pondok kuliner serta jajanan khas daerah Kabupaten Lahat, atau bisa dikatakan menjadi suatu objek wisata baru.rika