Ribuan Senpi Rakitan Dimusnahkan

_20160406_120828Palembang-Sedikitnya 1.467 senjata api rakitan (senpira) laras panjang dan 1.182 laras pendek, dimusnahkan oleh jajaran Polda Sumatera Selatan, Rabu (6/4). Pemusnahan kali ini dilakukan terhadap barang bukti Operasi Senpi Musi 2015-2016.

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Djoko Prastowo mengatakan, tahun 2015, Sumsel dikategorikan rawan di bidang kejahatan senjata api. Itu karena banyaknya produksi rumahan dari pengrajin besi beralih membuat senjata api rakitan.

“Bisa dibilang peringkat teratas dalam produkai senpira. Program operasi senpi Musi ini, kita priotitaskan untuk penanggulangan kejahatan bersenpi, sebab wilayah Sumsel tingkat produksi senpi rakitan sudah masuk tingkat teratas,” ujar Jenderal Bintang Dua ini.

Kapolda juga mengimbau, masyarakat agar tak lagi membuat ataupun menyimpan senpi rakitan tanpa izin dari pihak kepolisian, karena itu melanggar hukum.

“Hasil penyelidikan, Senpira ini banyak pesanan pemilik peluru. Jadi saya perintahkan kepada seluruh Kapolres jangan sampai gudang peluru ini bocor. Karena kalau bocor, ini sangat bahaya,” tegasnya.(korankito.com/krdo)