Modus Baru Jual Sabu Cair

polda-metro-bongkar-peredaran-sabu-cair-zmOsXrLd4oJakarta-Para pelaku bisnis narkoba sepertinya tak habis akal. Meski terus digempur oleh aparat yang menyatakan perang terhadap narkoba, modus baru bisnis ini selalu saja muncul dalam memperjualbelikan barang haram tersebut.

Buktinya, Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya baru saja membongkar peredaran narkotika jenis sabu cair yang merupakan modus baru.

“Ini sabunya dimasukkan ke dalam kaleng lem sebagai bentuk kamuflase,” kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Pol Eko Daniyanto kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Rabu (7/4).

Setelah diselidiki, sabu berjumlah enam kotak besar itu ternyata berasal dari Iran lantaran salah satu pelaku merupakan warga kebangsaan Iran.

Satu kotak berisikan 12 kaleng. Jika dikalikan enam, berarti ada 72 kaleng sabu yang masuk ke Indonesia.

“Ada dua pelaku, satu namanya Hossein Boby yang merupakan WNA Iran dan seorang WNI Than Stenly Granida,” ujarnya.

Kombes Pol Eko mengaku, pihaknya sudah melakukan control delivery dengan tim bea cukai Bandara Soekarno-Hatta. Alhasil, mereka tak berdaya saat diringkus di ekspedisi Aramex Rawamangun, Jakarta Timur.

“Berdasarkan pemeriksaan dari penterjamah, sabu tersebut ternyata memang dibawa dari Iran dengan menggunakan Pesawat Iran Air dari bandara Imam Khomaini langsung ke Bandara Soekarno Hatta,” tandasnya.hms/pmj