Eselon III Lahat Ikuti Kompetensi Administrator

IMG_7830Palembang-Kegiatan penilaian kompetensi pejabat administrator (eselon III) Pemerintah Kabupaten Lahat di Aula Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VII, Palembang, terus berlanjut.

Kegiatan yang bekerja sama dengan BKN Regional VII dan Pusat Penilaian Kompetisi (Puspenkom) Aparatur Sipil Negara (ASN) ini bertujuan memetakan atau membuat proyeksi kompetensi pejabat-pejabat administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat pada jabatan administrator yang ada.

Hal ini dikemukakan Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat Nasrun Aswari SE MM melalui Maridi SIP MM, selaku Kasubdit Pembinaan dan Pemberian Penghargaan BKD dan Diklat Kabupaten Lahat  di Kantor Regional VII BKN Palembang, Selasa (5/4).

“Peta atau proyeksi kompetensi tersebut nantinya dipergunakan sebagai dasar pertimbangan Bupati Lahat sebagai pejabat pembina kepegawaian dan stakeholder SDM aparatur lainnya untuk menyusun pengembangan karir pejabat-pejabat administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat,” ujarnya.

Penilaian kompetensi ini lanjut Maridi, untuk membuat proyeksi kemampuan manajerial dan kemampuan bidang setiap pejabat administrator yang dilakukan dengan cara mengukur dan membandingkan antara kompetensi personal dengan kualifikasi atau syarat jabatan.

“Metode yang digunakan yakni kerjasama dengan lembaga atau perseorangan untuk melaksanakan tahapan assesment center, psikometri dan wawancara kompetensi, analisa kasus, presentasi dan kuisioner,” ungkap Maridi.

Kegiatan yang diikuti oleh 75 peserta yang terdiri dari pejabat administrator atau eselon IIIa di lingkungan Pemkab Lahat akan berlangsung selama lima hari sejak 3 -7 April 2016 dengan melibatkan tenaga ahli dari Pusat Penilaian Kompetensi Apartur Sipil Negara BKN dan Kantor regional VII BKN Palembang.

Menurut Maridi, kegiatan penilaian kompetensi pejabat administrator ini akan dilakukan secara berkelanjutan.

“Ini akan terus menerus dilakukan termasuk pendidikan untuk tenaga fungsional yang bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada. Ke depan kita dorong seluruh PNS yang ada di Lahat untuk bisa menduduki jabatan fungsional,” pungkasnya. reno