Forum SKPD Wujudkan Program untuk Rakyat

IMG_1886Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam rangka mewujudkan program yang handal demi menyonsong kesejahteraan rakyat, di Palembang, Selasa (5/4).

Dalam sambutanya Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki mengatakan, forum ini sangat penting dan bermanfaat sekali, forum ini adalah suatu kegiatan menyusun program-program diantara SKPD Sumsel dan Kabupaten/Kota. “Dengan adanya forum SKPD diharapkan program-program yang unggul dan bermanfaat dapat terwujud dan dirasakan betul oleh masyarakat, jadi baik SKPD provinsi maupun kabupaten/kota harus bersinergi supaya program kita betul-betul terarah tercapai sasaran yang kita harapakan,” ujarnya

Ishak Mekki menambahkan, demi mewujudkan program tersebut, SKPD harus bersatu tidak boleh berjalan sendiri-sendiri, apalagi Pemprov Sumsel sudah membuat program meningkatkan keamanan, menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan bidang pertanian dan perkebunan serta mensukseskan Asian Games 2018. “Jadi untuk mencapai semua program tersebut seluruh SKPD harus bekerjasama agar semua program selalu bersinergi dan berjalan dengan lancar,” harapnya.

Ishak meminta, SKPD juga harus mempunyai program sendiri-sendiri, dalam program-program tersebut harus dipilh program yang bermanfaat. “Saya mengharapkan kepada SKPD mendapatkan hasil yang baik, sempurna sehingga terwujud visi dan misi yang bertujuan untuk mensejahterakan rakyat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumsel Ekowati Retnaningsih menyampaikan,  tujuan  pelaksanaan forum SKPD ini terbagi menjadi tiga, pertama menyelaraskan program dan kegiatan angka SKPD sehingga terwujud integrasi sinergi antar program, kedua menyelaraskan rancangan  kerja SKPD dengan usulan kab/kota, ketiga mempertahankan indikator serta target kinerja program dan kegiatan SKPD provinsi dan kab/kota.

Ekowati menjelaskan, forum SKPD membahas empat tema antara lain, pembangunan dalam  RKP dan RKPD, kemudian dimensi pembangunan manusia, lalu pembangunan sektor unggulan,   pemerataaan dan kewilayahan, serta tema refomasi birokrasi. (adv.hms)