Bisa Dipercaya

Diknas Sumsel Buka Posko Pengaduan UN

IMG-20160404-WA0007Palembang – Hari ini, Senin (4/4) Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat digelar. Khusus untuk sekolah penyelenggara UN Berbasis Komputer (UNBK) akan melaksanakan UN pada 4-12 April.

Dalam pelaksanaan UNBK ini, timbul kekhawatiran sejumlah siswa yang mengikuti UNBK. Isu akan adanya serangan hacker pun muncul dan membuat cemas sejumlah siswa-siswi yang mengikuti UNBK.

Terkait adanya isu itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo MPd menegaskan bahwa tidak akan terjadi serangan hacker. “Tidak bisa hacker menyerang data-data siswa, UNBK kan pengamanannya sangat ketat, dan mendapat pengawasan dari proctor yang sudah dilatih Kemdikbud,” terangnya.

Berita Sejenis
1 daripada 8

Menurutnya, isu akan terjadinya serangan hacker ke server sekolah pelaksana UNBK dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Intinya, guru dan siswa fokus saja dengan persiapan untuk menghadapi pelaksanaan UNBK dan bisa mengatasi masalah yang kemungkinan akan terjadi dengan cepat supaya tidak merugikan siswa,” ujarnya.

Pihak Diknas Sumsel pun, lanjut Widodo, mulai melakukan antisipasi dengan membuka layanan pengaduan UN.

“Kami membuka layanan pengaduan. Jadi, apapun kendala yang dihadapi pihak sekolah bisa segera terkoordinasi,” ungkapnya.

Sementara itu, pantauan Koran Kito pada pelaksanaan UN hari pertama di SMAN 3 tampak berjalan lancar. Di sekolah ini siswa kelas XII mengikuti pelaksanaan UN Berbasis Komputer.(korankito.com/reno)