Lahat Bertekad Tingkatkan PAD dari Sektor Pajak

_MG_5608Lahat- Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara   Kejaksaan dengan Pemkab Lahat terkait penanganan pajak kepemilikan, perizinan, HO, dan lain lain telah disepakati sejak 10 tahun terakhir. Namun, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lahat masih belum menunjukan hasil yang memuaskan.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat Nasrun Aswari SE MM, saat membuka acara sosialisasi peraturan tentang perpajakan dan perizinan di Ballroom Hotel Grand Zuri Lahat, Rabu (30/3). Dalam kegiatan ini turut hadir dan sekaligus narasumber dari pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Lahat.

Tercatat pendapatan daerah di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Lahat periode 2015 – 2016 belum menunjukan angka yang signifikan. Diyakini dari sektor perizinan, HO dan jenis pajak lainnya masih belum tertagih maksimal. Melalui sosialisasi yang ada, ke depan bisa dimaksimalkan penerimaan daerah dari sektor terfavorit ini, demi jalannya roda pembangunan yang ada.

“Jika semuanya tertagih maksimal, seperti pajak galian golongan c, tower seluler, alat berat dan lainnya, coba bayangkan berapa banyak pemasukan daerah yang ada. Semuanya ini jelas juga bisa dijadikan salah satu pendukung bagi peningkatan pendapatan daerah,” tuturnya.

Ia menyayangkan, selama ini justru para wajib pajak yang menikmati hasil usahanya di Bumi Deganti Setungguan, namun  kewajibannya dalam membayar pajak itu justru diabaikan. Dengan sosialisasi yang ada, serta dibantu pihak Kejari Lahat, diharapkan  semuanya akan bisa lebih baik lagi.

“Mari kita bisa sama-sama maksimalkan lagi penerimaan sektor yang satu ini, sehingga roda pemerintahan bisa lebih baik lagi, dan kesejahteraan masyarakat bisa lebih baik lagi ke depannya,” tegas Nasrun.

Kajari Lahat Helmi W SH MH setuju dengan yang dikemukakan Sekda Nasrun. Menurutnya, tak dipungkiri jika sektor pajak masih merupakan sektor favorit dan sangat dominan yang dijadikan salah satu pilar pendukung jalannya roda pembangunan yang ada di semua wilayah Indonesia.

“Kami akan semaksimal mungkin untuk membantu Pemkab Lahat dalam hal memaksimalkan sektor penerimaan pajak yang ada. Semuanya demi jalannya pembangunan dan juga satu tujuan, penyejahteraan masyarakat menyeluruh,” terangnya.rika