Bupati Aswari Maksimalkan Pelayanan Kesehatan Desa

pelayanan kesehatan lapangan di wanaraya kikim baratLahat-Bupati Lahat H Aswari Rivai SE, menyemangati tenaga medis yang kini berstatus PTT pusat, daerah, dan honorer. Bupati berharap segera ada pengangkatan bagi mereka.

“Pelayanan kesehatan yang prima sangat dibutuhkan masyarakat sehingga perlu tenaga medis lebih banyak di daerah terpencil yang saat ini masih terbatas. Kita mendukung untuk pengangkatan mereka, hanya saja kita menunggu keputusan Kemenpan,” jelas Aswari.

Seperti keberadaan Puskesmas di Kecamatan Kikim Barat, Lahat sangat dibutuhkan apalagi jangkauan untuk ke Kota Lahat cukup jauh sekitar lebih dari 2 jam, dengan kondisi jalan yang tidak cukup baik di 16 desa yang ada.

“Kami sangat memikirkan kondisi masyarakat yang terisolir,  pelayanan bidang kesehatan terutama bagi lansia, ibu hamil dan balita,” kata Kepala Puskesmas Wanaraya H Wastan SKM MKes, saat memberikan pelayanan di lapangan.

Jadwal pelayanan jemput bola,  memeriksa pasien bergiliran di 7 desa, memberikan pelayanan lewat Posyandu Balita dan Posyandu Lansia membantu mereka melayani kesehatan warga. “Biasanya kami giliran ke lapangan, berjalan kaki hingga beberapa kilometer, sebab kendaraan Puskesmas juga tidak bisa menjangkaunya butuh pelayanan kesehatan,” papar Wastan.

Menurut  Wastan, di Puskesmasnya, pegawai yang PNS sendiri hanya 2 orang yakni 1 bidan dan 1 perawat, mereka harus benar-benar belajar memaksimalkan kemampuan melayani pasien. “Setiap ke desa jalan dari setengah jam hingga satu jam. Pasien yang datang ke Puskesmas sudah tidak banyak lagi karena mereka sudah tahu jadwal kunjungan kami, kecuali ada pasien yang parah,” katanya.rika