Tebang Pohon Sembarangan, Walikota Copot 2 Pejabat DPJP

IMG_3760Palembang- Walikota Palembang Harnojoyo berang melihat petugas  Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan, dan Pemakaman (DPJPP) Kota Palembang menebang pohon di halaman Rumah Makan Bumbu Desa, Jalan dr Sutomo no 9, Kelurahan Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang, Selasa (29/3) malam.

Imbasnya, dua pejabat dari DPJPP Kota Palembang, yakni Kepala Bidang Pertamanan dan Kepala Seksi Penghijauan langsung dicopot dari jabatannya karena dianggap telah melanggar Peraturan Daerah (Perda) dengan membuat perintah untuk menebang pohon tersebut.

“Ini sangat membahayakan, pejabat kok seenaknya saja main perintah tebang-tebang saja, atau memang mereka tidak paham dengan aturanya. Jadi, saya meminta copot pejabat tersebut malam ini juga,” ujar Harno panggilan akrab walikota.

Malam itu juga, Harno panggilan akrabnya langsung meminta Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Palembang, yang kebetulan berada di lokasi untuk membuat surat pencopotan kedua pejabat tersebut.

“Coba Kepala BKD, buatlah surat pemecatannya malam ini juga, saya tunggu malam ini di rumah dinas, dan langsung saya tanda tangani. Kasus seperti ini bukan yang pertama kali, saya sudah beberapa kali menerima laporan seperti ini, untuk jadikan pelajaran makanya langsung kita berikan tindakan tegas,” ucapnya kepada Kepala BKD, Kurniawan.

Sempat terjadi perbincangan antara Walikota Palembang dengan penanggung jawab rumah makan Bumbu desa terebut. Namun seolah sang pemilik rumah makan tidak mau disalahkan dan merasa penebangan pohon sudah sesuai prosedur. Pernyataan pemilik rumah makan ini juga memancing kemarahan Walikota.

Harno mengancam akan melakukan pencabutan izin usaha Rumah Makan Bumbu Desa, jika nantinya terlibat dalam penebangan pohon tersebut. “Bukan hanya dua pejabat itu saja yang akan saya copot. Kalau rumah makan ini terbukti melakukan pelanggaran akan saya permasalahan, dan cabut izin usahanya,” ancamnya.

Untuk diketahui, malam itu, Walikota Palembang bersama pejabat lainnya hendak memantau kebersihan di jalan-jalan protokol. Namun, secara tidak sengaja ketika melintasi kawasan Kambang Iwak, melihat beberapa petugas DPJPP sedang melakukan penebangan pohon.

Ketika bertanya kepada petugas mengenai perintah menebang pohon itu, para petugas tersebut mengaku mendapat perintah langsung dari Kabid Pertamanan dan Kasi penghijauan DPJPP Kota Palembang.(korankito.com/deny)