2 Terdakwa Kasus Suap Muba Berangkat Umrah

Jpeg

Jpeg

Palembang- Sidang lanjutan dugaan suap LKPJ  dan pengesahan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Muba tahun 2015, tak dihadiri dua saksi yang juga ditetapkan sebagai tersangka yakni Depri Irawan dan Iin Pebrianto. Keduanya tak bisa memberikan kesaksiannya dalam persidangan karena sedang menjalani ibadah imrah ke Tanah Suci Makkah.

Menurut Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK), Kristanti, meski sudah ditetapkan sebagai tersangka, namun belum dilakukan pencekalan, sehingga kedua saksi masih bisa bebas kemana saja, termasuk luar negeri.

“Kalau dia bisa keluar negeri, berarti dari penyidik belum melakukan pencekalan. Kalau, masalah itu penyidiklah yang mempunyai kewenangan,” ujarnya saat ditemui usai menjalani sidang, di ruang persidangan Tindak Pidana Koruptor (Tipikor) Pengadilan Negeri (PN) Palembang, Rabu (30/3).

Di sisi lain, Kepala Imigrasi Klas 1 Palembang, Bogi Widiantoro saat dimintai konfirmasi, mengaku belum ada instruksi dari pihak Direktorat Imigrasi untuk pengajuan pencabutan paspor kedua tersangka Depri dan Iin. “Belum ada instruksi apapun, jadi paspornya belum bisa kami tarik,” jawabnya singkat.

Dalam sidang, Rabu siang, agendanya  mendengarkan keterangan enam orang saksi. Namun yang hadir hanya empat saksi saja. Mereka adalah  Parlindungan Harahap, Zaini, Dear Fauzubg dan Ujang Amin. Mereka ini, merupakan Ketua Fraksi dari keempat terdakwa, Raimon Iskandar, Darwin AH, Islan Hanura, dan Aidil Fitri.deny