Jangan Percayai Bocoran Soal UN

20160329_081425Palembang – Kepala Bidang SMP/SMA/SMK Disdikpora, Palembang, Drs Lukman Haris MSi mengatakan, siswa dan orangtua agar tidak mempercayai tawaran bocoran soal ujian nasional (UN).

“Pembuatan soal sampai distribusi, pengawasan, dan pengawalannya sangat ketat, jadi tidak mungkinlah ada bocoran,” kata Lukman.

Lebih lanjut Lukman menuturkan, sekolah yang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), soal yang akan dikerjakan siswa baru diketahui pada saat siswa akan mengerjakan soal.

“Soal UNBK baru dikirim lewat internet malam hari sebelum penyelenggaraan UN. Jadi sangat sedikit kemungkinan adanya jual beli kunci jawaban,” urainya.

Dijelaskan Lukman, di Kota Palembang ada sebanyak 24.829 siswa SMA/SMK/MA yang mengikuti pelaksanaan UN dan sebanyak 118 SMA, 66 SMK, dan 17 MA yang menyelenggarakan UN.

“Komitmen kami tahun ini meningkatkan penilaian integritas pelaksanaan UN,” bebernya.

Sementara itu, Kasubdit III Intelkam Polda Sumsel, AKBP Harno mengatakan, pihak Polda Sumsel akan melakukan pengawalan ketat saat distribusi ke 17 Kabupaten/Kota. “Untuk pengamanan sangat diperketat, jumlah personel tidak kami batasi,” tegasnya.

Ditambahkannya, pengamanan Polda Sumsel akan menyisir hingga proses distribusi sampai ke sub rayon. “Intinya pengamanan akan dilakukan berlapis, ini juga mencegah supaya tidak ada yang melakukan tindakan melanggar aturan,” pungkasnya. (korankito.com/reno)