Bisa Dipercaya

Diknas Sumsel Klaim Soal UN Cukup

20160329_082255Palembang – Terkait informasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Sumsel salah satu wilayah yang kekurangan  distribusi soal UB dari pihak percetakan, Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sumsel Widodo memastikan jumlah soal dan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) untuk 17 Kabupaten/Kota di Sumsel cukup.

Widodo menegaskan, hasil kroscek pihak percetakan dan Disdik Sumsel bahwa jumlah koli soal dan LJUN di Sumsel cukup. “Tidak ada yang kurang, semua Kabupaten/Kota kami pastikan cukup,” katanya

Dikatakannya, data Kemendikbud mengalami ketidakcocokan dengan pihak percetakan sehingga jumlah koli soal UN di Sumsel dinilai mengalami kekurangan. “Sudah kami kroscek dan pastikan soal dan LJUN tidak ada masalah,” urainya.

Berita Sejenis
1 daripada 8

Ia melanjutnya, pihaknya sudah mengantisipasi akan terjadi kekurangan soal dan LJUN. “Setiap Kabupaten/Kota diberikan distribusi lebih, ini salah satu upaya untuk mengantisipasi kekurangan soal,” terangnya.

Dijelaskan Widodo, untuk di Sumsel total koli soal dan LJUN ada sebanyak 1.956 koli yang diperuntukkan 17 Kabupaten/Kota di Sumsel.

“31 Maret semua soal dan LJUN ini kita distribusikan ke 16 Kabupaten/Kota, dan khusus di Palembang akan didistribusikan pada 2 April,” jelas Widodo.

Distribusi soal dan LJUN akan melalui tujuh rute yang nantinya mendapatkan pengawalan ketat dari pihak Kepolisian. “Rute 1 OKI, OI. Rute 2 OKU, OKUT, OKUS. Rute 3 Prabumulih, PALI. Rute 4, Muara Enim, Lahat, Pagaralam. Rute 5, Banyuasin, Muba, Lubuk Linggau. Rute 6, Mura, Empat Lawang, Muratara. Rute 7, Palembang,” pungkasnya.

Diketahui, untuk di Sumsel pelaksanaan UN SMA akan diikuti sebanyak 67.704 peserta dari jenjang SMA/MA, 16.653 siswa SMK, dan paket C 6.700 peserta. Untuk pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini di Sumsel akan diikuti sebanyak 81 SMA/SMK. reno