Takut Ditembak, Pembobol Ruko Menyerah

IMG_3040Palembang-Andi Adam Malik (27), warga Desa Sungai Pinang, Kecamatan Rambutan, Banyuasin, hanya bisa mengakat kedua tangannya ke atas, ketika mendengar tembakan petugas Buser Polsek Rambutan yang  mengrebek kediamannya, Jumat (26/3) sekitar pukul 15.20.

Andi yang saat itu sedang duduk di dekat pintu belakang rumahnya, langsung tiarap dan mengakat kedua tanggannya. “Saya menyerah, jangan tembak saya,” kata Andi ketakutan sambil menunjukan barang bukti obeng dan linggis yang digunakan untuk membobol ruko milik Irma Nazua (28), di kawasan Desa Sungai Waru, Kecamatan Rambutan, Banyuasin.

Andi tidak sendiri saat melakukan aksinya. Ia bersama Romi yang sudah lebih dulu ditangkap petugas Polsek Rambutan. Saat melakukan aksinya, mereka merusak lalu menjebol pintu ruko mengunakan linggis dan obeng.

Setelah berhasil masuk, keduanya menguras barang berharga berupa 2 unit TV, laptop, mesin serut,  VCD, kipas angin, 15 lembar gorden. Mereka kemudian kabur melalui jendela kamar milik Irma.

“Kejadiannya memang sudah lama, 6 Januari lalu. Saat itu ruko korban dalam keadaan kosong, jadi mereka leluasa menguras barang korban,” ujar  Kapolsek Rambutan Iptu Ady Akhya didampingi Kanit Reskrim Aiptu Dudi Yogi, Jumat (25/3).

Selain mengamankan pelaku, anggotanya juga mengamankan barang bukti berupa linggis, obeng yang digunakan Andi dalam melakukan aksinya, laptop, TV, serta mesin serut. ” Romi sudah diamankan terlebih dahulu dan sedang menjalani hukuman, sedangkan Andi memang sudah lama menjadi buronan kita. Setelah keberadaannya diketahui, baru kita ringkus,” ungkap Ady.

Tersangka Andy ketika diperiksa petugas, mengaku, terpaksa melakukan aksi kejahatan karena diajak Romi. Saat beraksi, ia hanya bertugas melihat situasi di luar ruko. ” Yang masuk ke dalam Romi, bukan saya. Setelah berhasil baru kami sama-sama membawa barang itu menggunakan mobil pikap,” katanya.

Dari hasil curian, Andy kebagian satu laptop dan uang Rp200 ribu. “Uangnya sudah habis saya gunakan untuk jajan sehari-hari,” kata bujangan ini.(korankito.com/roki)