Bupati Aswari: Bidan Harus Profesional

IMG_3733Lahat – Pengukuhan Kepengurusan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Lahat 2016-2021 yang diketuai Hj Yetti Ruspiani SST, serta penetapan setiap ranting di Kabupaten Lahat dilakukan di Gedung Pertemuan Pemkab Lahat.

Pengukuhan dilakukan Bupati Lahat H Saifudin Aswari Rivai SE, Sekda Lahat Nasrun Aswari SE, Ketua PKK Hj RR Kurnia Sismartianti Aswari, Ketua IBI Sumsel Hj Siti Aisyah, dan Kadinkes dr H Rasyidi Amri.

Menurut Yetti Ruspiani, dirinya berterimakasih terpilih sebagai ketua IBI dan bersama pengurus lainnya akan menjalankan amanat sebagai kepengurusan IBI dengan benar. Saat ini Bidan di Kabupaten Lahat ada  204 berstatus PNS, 85 PTT Pusat, 40 PTT daerah, dan 273 orang TKS, berada di 12 ranting.

“Kami sebagai bidan dituntut bertugas dan harus profesional. Butuh dukungan pemerintah supaya para bidan yang belum diangkat dapat menjadi PNS atau PTT,” jelasnya.

Di tempat yang sama Ketua  IBI Provinsi Sumsel Hj Siti Aisyah, mengatakan, semoga setelah dikukuhkan dapat lebih baik lagi melayani masyarakat dan bisa terus bersinergi dengan PKK dalam mengurangi angka kematian Ibu melahirkan.

“Kita juga membutuhkan kendaraan operasional mengingat lokasi yang biasa ditempuh para bidan. Semoga mendapat dukungan dari pemerintah dalam hal ini, ke depan juga berharap PTT dan honorer ada pengangkatan,” paparnya.

Bupati Lahat H Saifudin Aswari Rivai SE berharap bidan yang ada tetap profesional melayani meski dengan berbagai status kepegawaian yang ada. Tetap setulus hati, ramah, dan senyum dalam melayani masyarakat. “Pasien akan merasa sehat bila diobati dan dihibur dengan senyuman. Untuk kendaraan operasional Pemkab siap membantu meski berstatus pinjam pakai. Dukungan terus dilakukan sebagai upaya untuk pengangkatan bidan menjadi PNS dan PTT, hanya saja tetap berpegang teguh dengan pelayanan yang baik,” tegas Aswari. (korankito.com/rika)