Bisa Dipercaya

Bupati Aswari: Ayo Jaga Hutan dan Sungai!

IMG_3484Lahat-Hari Hutan Sedunia diperingati tanggal 21 Maret 2013 berdasarkan resolusi PBB, 28 November 2012. Peringatan ini dirayakan setiap tahun untuk saling berbagi mengenai visi misi kehutanan dan kaitannya dengan perubahan iklim di seluruh dunia.
Sejak awal jabatannya, Bupati Lahat H Saifudin Aswari Rivai SE dalam setiap kunjungannya ke desa-desa selalu membagikan bibit tanaman buah dan tanaman pohon kayu untuk masyarakat. “Saya masih ingat sejak awal kepemimpinan saya, setiap acara dan kunjungan. Selalu membagikan bibit tanaman bagi masyarakat. Tujuannya melakukan penghijauan, mendapat manfaat dari buah yang ditanam juga, jadi banyak sekali manfaatnya dari menanam pohon,” jelas Aswari, Senin (21/3).

Hal serupa juga dilakukan Bupati Aswari di bidang perikanan dengan membagikan dan menebar bibit ikan di sungai-sungai yang ada di Lahat. “Menjaga ekosistem air, supaya masyarakat juga menjaga sungai. Kita sudah punya aturan adat menjaga sungai dengan Bekarang. Jadi masyarakat adat sejak dulu sudah disadarkan supaya tidak merusak sungai, alam dan lingkungannya,” terang Aswari.

Dengan peringatan Hari Hutan Sedunia ini, pihaknya mengharapkan supaya hutan yang ada dijaga berikut daerah aliran sungai. “Program Karhutlah yang dicanangkan pemerintah Provinsi Sumsel, yang dicanangkan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, kita dukung sepenuhnya. Mengurangi kebakaran hutan, mengurangi kerusakan hutan dan sejak dini menanami, juga menata hutan kota yang ada,” tuturnya.

Berita Sejenis
1 daripada 40

Paling tidak menurut Aswari, Kabupaten Lahat ikut berperan dalam menghijaukan hutan dan mengurangi pemanasan global. “Satu lagi hal yang selalu saya tekankan, jangan membuang sampah sembarangan, salah satu hal ini juga berperan dalam merusak lingkungan bila kita tidak menjaganya,” tegasnya. (korankito.com/rika)