Lahat Ciptakan SDM Berkualitas Sejak Dini

20160319_103505Palembang – Keseriusan Pemerintah Kabupaten Lahat menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas sangat tinggi, bukan hanya dengan mendukung program sekolah gratis Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tapi juga memiliki program sendiri untuk mewujudkan Lahat Bangkit.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Lahat Masroni dalam diskusi terbatas KoranKito, mengatakan, berbagai program sudah dilakukan Kabupaten Lahat di bawah kepemimpinan Bupati Aswari Rivai untuk meningkatkan kualitas SDM.
“Sekarang ini, program yang sudah dilakukan yakni program Satu Desa Satu PAUD yang tujuannya menciptakan kualitas SDM yang berkualitas sejak dini,” katanya ,di kantor KoranKito, Sabtu (19/3).

Masroni menuturkan, program itu sudah berjalan dan selalu dievaluasi karena pihaknya sadar pendidikan usia dini sangat penting untuk membentuk karakter anak sebagai SDM Lahat ke depan. “Pendidikan menjadi salah satu program yang diprioritaskan Pemerintah Kabupaten Lahat,” ujarnya.

Untuk pendidikan, kata Masroni, kabupaten Lahat juga telah mendirikan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Lahat yang bekerjasama dengan Universitas Negeri Padang.

“Kami sadar, kabupaten Lahat memiliki kekayaan alam berupa bahan tambang yang melimpah tapi setelah dilakukan eksplorasi, tenaga kerjanya banyak dari luar daerah Lahat. Nah, inilah tujuan didirikannya AKN untuk mendidik SDM Lahat yang siap kerja untuk mengelola kekayaan alam Lahat,” jelas Masroni.

Menurut Masroni untuk AKN ini sudah berjalan 2 tahun dengan jurusan seperti teknik pertambangan, teknik elektronika, dan juga alat berat.
“AKN ini pertama di Sumsel. Jurusan-jurusan itu sesuai dengan kebutuhan yang ada di kabupaten Lahat,” tuturnya.
Tahun 2016 ini, Pemerintah Kabupaten Lahat akan membangun gedung untuk AKN ini sebagai cikal bakal pendirian Universitas Lahat.
“Dengan adanya universitas diharapkan nantinya kabupaten Lahat bisa menghasilkan SDM yang berkualitas dan siap kerja,” pungkasnya. (KORANKITO.com/reno)