Anggota Kodim 0405 Lahat Lakukan Tes Urine

IMG_20160318_095715_HDRLahat-Kodim 0405 melakukan tes urine dadakan, Jumat(18/3), di Aula Markas Kodim 0405 Lahat bekerja sama  BNN Kota Pagaralam. Pemeriksaan urine para personelnya mulai dari perwira, bintara, hingga PNS, ikut diambil sampel urinenya untuk memastikan seluruh personel  bebas dari penyalahgunaan narkoba dan obat terlarang.

Menurut Kasdim 0405/Lahat Mayor Inf Encep YM, sekitar 100 anggota kodim melakukan pemeriksaan dan hasilnya negatif. Memang belum dilakukan secara keseluruhan karena keterbatasan alat yang dibawa tim BNN Kabupaten Pagaralam.

Mayor Inf Encep menyatakan, tes urine sengaja dilakukan sebagai tindak lanjut perintah langsung Panglima TNI yang menginginkan seluruh anggota di kesatuan ini bebas narkoba. “Kita lakukan sengaja dadakan, obyektifitas hasil tes yang diharapkan nanti,“ ujarnya.
Walaupun baru sebagian anggota yang menjalani pemeriksaan, Encep memastikan tes ini akan dilakukan secara bertahap tentunya dengan menjaga kerahasiaan tanpa menginformasikan ke semua jajaran.

“Jelas bagi anggota yang urinenya positif mengandung zat narkoba bakal dikenakan sanksi tegas berupa pemecatan. Bahkan tidak hanya anggota yang bersangkutan tapi komandan satuan ikut dikenakan sanksi hukuman, ” terangnya.

Komandan harus bertanggung jawab karena lalai dalam mengawasi bawahan. Hal ini juga sesuai instruksi langsung Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo pembersihan narkoba di tubuh TNI ditargetkan harus selesai hingga bulan Juni mendatang. (KORANKITO.com/rika)