Bisa Dipercaya

Maksimalkan Petugas Damkar

20160317_085653LAHAT-Petugas pemadam kebakaran (damkar) di Kabupaten Lahat hanya berjumlah 26 orang. Padahal idealnya Kabupaten Lahat harus memiliki kekuatan setidaknya 40 orang petugas.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lahat, Ahmad Albar  menyatakan, minimal setiap kecamatan punya satgas sendiri dan 1 unit armada damkar yang siap siaga menghadapi bencana kebakaran. “Untuk pelayanan ke masyarakat memang masih banyak kekurangan. Baik itu personel dan armada,“ ujar Ahmad, usai apel gabungan dalam rangka peringatan hari Damkar ke-97.

Menurut Ahmad, saat ini armada yang ada cuma ada di Kota Lahat dan Tanjung Sakti Pumi. Secara keseluruhan, untuk mengatasi bencana kebakaran di Lahat mengandalkan 7 unit armada truk dan 2 tangki air. Kekuatan personel ini tetap dioptimalkan, meski masih belum ideal.

Berita Sejenis
1 daripada 26

“Perbaikan pelayanan ke masyarakat perlu diutamakan. Selain penambahan personel, kompetensi petugas yang ada saat ini juga perlu ditingkatkan,” katanya.

Menjadi petugas damkar bukan perkara mudah, perlu orang-orang yang terlatih dan paham dengan situasi saat kejadian. “Jangan sampai ada petugas yang tidak bisa mengoperasikan mesin pompa untuk memadamkan api. Yang mereka kerjakan menantang maut, berkorban nyawa,“ katanya.

Disisi lain, ia menghimbau masyarakat untuk mengantisipasi dini bahaya kebakaran. Contohnya memadamkan sumber aliran listrik saat meninggalkan rumah. Tak dapat dipungkiri sebagian besar contoh kasus kebakaran rumah dipicu oleh korsleting arus listrik. “Musibah memang tidak dikehendaki, paling tidak bisa di antisipasi,“ terangnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat Nasrun Aswari SE.MM, menambahkan,
pemadam kebakaran merupakan tugas yang mulia tanpa mengenal waktu dan cuaca. “Tugas selaku pemadam kebakaran adalah tugas mulia yang tidak mengenal lelah,” tegasnya. (KORANKITO.com/rika)