Tersandung ‘Bebek Nungging’ Zaskia Gotik Hina Pancasila?

Zaskia Gotik 110316 foto Munady 02Jakarta – Zaskia Gotik tersandung humornya sendiri. Pedangdut berwajah cantik ini, kepeleset bicara saat mengatakan ‘Bebek Nungging’ untuk lambang sila kelima di Pancasila. Lainnya, ia menyebut tanggal 32 Agustus sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia.

Hal ini terjadi saat Zaskia tampil di acara musik yang ditayangkan di televisi, Selasa (15/3). Dua kesalahan tadi terekam, saat ia ditanya tentang Hari Proklamasi, Zaskia Gotik dengan santai menjawab sambil tertawa, “32 Agustus”, sahutnya. Padahal kita ketahui bersama, kemerdekaan Indonesia diproklamasikan Soekarno pada 17 Agustus 1945.

Kekonyolan berikutnya terjadi saat Zaskia ditanya soal Pancasila. Kembali Zaskia menyebut lambang sila kelima adalah Bebek Nungging, bukan padi dan kapas.

Sehari kemudian, Rabu (16/3), Zaskia Gotik meminta maaf. “Neng (sapaan akrabnya) di sini mau klarifikasi dan mau minta maaf. Neng tidak ada niat sama sekali untuk menghina,” ungkapnya di kawasan Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Selanjutnya, pelantun lagu Satu Jam Saja ini mengakui kesalahannya dan berjanji tidak akan melakukan kesalahan serupa. “Mohon dibukaan pintu maaf yang seluas-luasnya,” harapnya.

Apa yang dilakukan Zaskia bisa berdampak hukum dan terancam hukuman denda Rp500 juta. Alasannya, larangan untuk menghina negara dan lambangnya diatur dalam Pasal 24 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Dalam Pasal 57-a jo Pasal 68 tertulis, “Setiap orang dilarang: (a) mencoret, menulisi, menggambari, atau membuat rusak Lambang Negara dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Lambang Negara dipidana dengan dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp500 juta.

 

Ayu Ting Ting dan Vicky Bicara

Apa yang terjadi pada Zaskia Gotik juga mengundang keprihatinan Vicky Prasetyo. Mantan tunangan Zaskia yang dikenal (maaf) ngawur dan tak nyambung saat bicara ini, hanya bisa geleng-geleng kepala.

Meski Vicky memaklumi, mantan tunangannya itu melakukan kesalahan tanpa disengaja.

“Parah itu! Prihatin, lambang negara begitu soalnya. Aku aja yang dikenal bodoh dan berbahasa ngaco tidak pernah sampai berani menghina lambang negara, apalagi proklamasi yang sakral,” kata Vicky.

Vicky berharap Zaskia lebih berhati-hati pada kemudian hari. “Ini bukan cuma untuk dia. Tapi, siapa pun artis saat sketsa, coba hindarilah hal-hal seperti itu,” ujar Vicky. Karena menyangkut lambang negara, Vicky menyarankan Zaskia membuat permintaan maaf secara resmi di hadapan publik. “Siapa pun bisa minta maaf kalau salah. Tapi ini sudah melibatkan jutaan warga Indonesia. Dia harus bikin klarifikasi kepada publik.”

Hal sama juga diucapkan rekan Zaskia Gotik, Ayu Ting Ting. Pelantun Sambalado ini, berharap Zaskia dimaafkan dan ia meyakini rekannya itu tiada sengaja menghina lambang negara.

“Kalau terjadi kesalahan ini, jadikan pelajaran. Namanya orang kalau di atas panggung, lagi live, kan ada lupanya,” kata Ayu.

Seraya menghela napas, pedangdut tersebut menambahkan bahwa kejadian seperti ini tidak boleh terulang lagi.

“Kesalahan ini pasti menjadi pelajaran. Insya Allah, dengan adanya ini, peristiwa serupa tidak terulang,” katanya. (KORANKITO.com/adi)