Kader Posyandu & Puskeskel Ikut Penyuluhan

IMG20160315095543Palembang – Para kader Pusat Kesehatan Kelurahan (Puskeskel) & Pusat Pelayanan Terpadu (Posyandu) mengikuti penyuluhan yang diselenggarakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, Selasa (15/3). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja mereka di lapangan.

Para peserta adalah wakil dari 107 kelurahan se- Kota Palembang dengan tujuan agar mereka dapat menekan angka kematian bayi dan balita.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dasar Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Dewi Handayani menuturkan, penyuluhan ini mengingatkan kepada setiap kader untuk berperan lebih aktif lagi.

“Kita berharap dengan kader-kader untuk terus menjaga kesinambungan, tetap semangat dan berperan secara aktif. Agar dapat menurunkan angka kematian terhadap bayi dan balita. Itu artinya pelayanan tetap haus ditingkatkan secara terus menerus, ” ucap Dewi.

Selain itu, acara yang digelar di Ruang Parameswara, Kantor Walikota Palembang, juga bertujuan mengukur perkembangan di setiap posyandu. Caranya dengan mengadakan lomba posyandu, April mendatang.

“Dengan adanya lomba ini kita akan melihat sejauh mana perkembangan para kader posyandu tersebut. Untuk pendaftarannya akan dibuka pada tanggal 21 Maret, namun untuk gelaran lombanya, kemungkinan di bulan April, tanggalnya kita belum tahu,” jelasnya.

Ditambahkan Dewi, masyarakat Kota Palembang agar memeriksakan kesehatan diri sendiri maupun keluarga lainnya ke pusat-pusat kesehatan yang sudah ada. “Posyandu ini ada untuk mencegah penyakit. Jangan sampai sudah sakit dulu, baru mau berobat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Adat dan Kelembagaan Posyandu, Badan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (BPMK), Ikhsan Tosni menjelaskan pihaknya akan terus memberikan semangat kepada petugas posyandu di lapangan.

“Kepada petugas posyandu, agar tetap bersemangat dalam memberikan pelayanan terhadao masyarakat,” tutupnya. O deny