Ireng Maulana Meninggal Dunia

ireng maulana

Duka menyelimuti dunia musik jazz Indonesia. Salah satu gitaris jazz terhebat di republik ini, Ireng Maulana, meninggal dunia, Minggu (6/3) dinihari WIB.

Ireng berpulang di usia 71 tahun. Kabar duka ini, juga diumumkan langsung melalui layar video di panggung Java Jazz Festival 2016 di Jakarta.

“Keluarga besar Java Jazz Festival Production dan Trans Corp Turut Berbela Sungkawa Atas Wafatnya Tokoh Musisi Jazz Bapak Ireng Maulana Pada Hari Minggu 6 Maret 2016 pukul 00.25 WIB. Semoga Amal Ibadah Almarhum Diterima Disisi Allah SWT. Amin,” isi pesan duka tersebut.

Sekadar membalik kisah, gitaris enerjik ini terlahir dengan nama asli, Eugene Lodewijk Willem Maulana di Jakarta, 15 Juni 1944. Sejak kecil, putra dari pasangan Max Maulana dengan Georgiana Sinsoe ini, memang sudah terlihat bakat bermusiknya. Bakat musiknya menurun dari sang ayah, seorang pemain gitar asal Cirebon dan ibunya asal Sangir, adalah seorang penyanyi yang pandai memainkan piano. Nama Ireng sendiri, diperoleh pada masa kanak-kanak.

Pada 1978, dia mendirikan grup Ireng Maulana All Stars dengan delapan anggota, antara lain Benny Likumahuwa (trombone), Hendra Wijaya (piano), Maryono (saksofon), Benny Mustapha (drum), Karim Tes (terompet), Roni, (bas), dan Ireng Maulana sendiri pada gitar dan banjo.

Kelompok ini terus berkembang hingga terbentuknya Ireng Maulana Associates, sebuah organisasi tempat bergabung para musisi jazz di Jakarta. Dengan lembaga ini pula Ireng menyelenggarakan pesta musik jazz internasional Jakarta Jazz Festival. Selain itu ia juga pernah ikut tampil di North Sea Jazz Festival di Belanda.

Dan kini, sang penggiat jazz di Tanah Air itu, telah pergi… Selamat jalan Ireng. O wib