Pemkab Lahat Siapkan Enam Bus Pelajar

peresmian bus, pelantikan forum lalu lintas

Lahat – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat melaunching enam bus damri yang akan melayani jasa transportasi masyarakat dan pelajar di Kota Lahat dan sekitarnya, Kamis (3/3).

Keenam unit bus yang baru dioperasikan tersebut akan melayani rute antara lain Kota Lahat-Kota Agung, Kota Lahat-Saung Naga, dan Kota Lahat-SP6 dan kota Lahat- Merapi Barat.

Bupati Lahat, Aswari Riva’i mengungkapkan, keberadaan enam bus tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat digunakan sebaik-baiknya, disamping itu beradaannya juga dapat memperbaiki ketertiban lalulintas.

Aswari mengingatkan, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Lahat selaku penanggungjawab untuk betul-betul menjaga keberadaan bus itu. ‘’Jangan sampai bus itu hilang, salah fungsi atau sekedar pajangan. Tapi gunakanlah itu untuk melayani masyarakat, mahasiswa dan pelajar,’’ papar Bupati, saat meresmikan peluncuran enam unit bus dan pelantikan forum lalulintas serta peresmian kawasan tertib lalulintas Kabupaten Lahat, diterminal Lembayung Desa Manggul, Lahat. Kamis (3/3).

Dia menjamin keberadaan bus bukan untuk menyingkirkan pengusaha armada seperti angkutan kota dan desa. Menurut Aswari, kendaraan warga yang digunakan untuk layanan jasa silakan saja beroperasi namun dirinya berharap harus sesuai aturan dan terus meningkatkan kualitas kendaraan dan pelayanan.

“Keberadaan bus ini bukan untuk menyakiti atau menyingkirkan angkot atau angkutan desa (angdes) namun untuk pelayanan kepada masyarakat. Kerap kita temui angdes yang membawa penumpangnya hingga diatap. Kondisi tersebut sangat membahayakan,” ungkap Aswari seraya meminta agar ongkos yang diterapkan kepada masyarakat harus murah, apalagi untuk adik-adik pelajar sekolah.

Seperti diketahui, Pemkab Lahat melalui Bupati Lahat H Aswari Rivai menerima bantuan tiga unit bus angkutan kota dari Kementerian Perhubungan (Kemnhub), pertengahan bulan lalu.

Pihak Kemenhub sendiri menyerahkan  50 unit bus angkutan kota untuk 20 kabupaten/kota Se-Indonesia termasuk Lahat. Penyerahan bantuan di hadiri oleh Dirjen Perhubungan Darat  Kementerian Perhubungan RI dan peninjauan bus dilakukan di depan Kantor Kementerian Perhubungan RI yang kemudian dihadiri juga oleh Menteri Perhubungan Bapak Ignatius Jonan

Aswari Riva’i mengaku, bangga dan senang atas kinerja Pemkab Lahat yang bisa mendapatkan bantuan bus angkutan kota.

“Diharapkan dengan mendapatkan bantuan ini bisa menjadi alat transportasi yang efektif bagi masyarakat Kabupaten Lahat. Dan juga dapat menumbuhkan minat masyarakat untuk menggunakan angkutan ini.

Aswari menegaskan siap untuk menjaga bus  yang telah diberikan oleh pemerintah pusat khususnya Kemenhub terseut. “Dijaga dengan baik dan manfaatnya bisa dirasakan bersama-sama,” ungkapnya.

Kepala Dishubkominfo HM Eduar Kohar mengatakan, memang bus itu selain untuk melayani masyarakat umum juga dapat dimanfaatkan untuk para pelajar. ‘’Penempatannya kita siapkan areal parkir di balai KIR, jam operasional dikeluarkan dan setelahnya kembali ke tempat semula tidak dibawa pulang supir,” papar Eduar.

Bantuan bus sendiri nantinya diatur trayeknya melewati fasilitas umum dan sekolahan, misalnya dimulai dari pinggiran kota dan hingga ke kota. “Beroperasi dari pukul 07.00 sampai 09.00 pagi, dilanjutkan siang pukul 12.00 sampai 16.00,” kata Eduar. ADV/Aul/Rib