Modus Baru Bobol ATM, 29 Tersangka Ditangkap

 

IMG_20160303_153307KORANKITO.com-Palembang

Anggota subdit 3 unit 1 Jatanras Polda Sumsel berhasil meringkus kawanan pembobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Mandiri. Sedikitnya 29 tersangka asal Kabupaten OKI yang diduga menjadi kaki tangan dari salah satu oknum yang menjadi tak pelaku kasus ini. Mereka  diarahkan untuk melakukan pembobolan ATM dengan cara sabotase sistem saldo menjadi dua kali lipat penarikan.

Modus yang digunakan para pembobol ini terbilang baru. Sebab, para pembobol tidak menggunakan senjata linggis untuk mendapat uang dari mesin ATM. Para pelaku ini menyabotase sistem ATM transfer dan memanfaatkan sistem error ATM untuk memperbanyak saldo.

Mereka menggunakan beberapa digit untuk menentukan beberapa pilihan di saat sistem error sehingga saat penarikan yang kedua jumlah saldo yang berada di dalam rekening tidak akan berkurang melainkan bertambah. Untuk penarikan jumlah selanjutnya langsung dapat mengambil uang tunai dua kali lipat dari hasil saldo sebelumnya.

Kasubdit III Ditreskrimum Polda Sumsel AKBP Kristovo Ariyanto mengatakan, pihaknya setelah mendapatkan informasi dari pihak sekuriti RSMH Palembang langsung bergerak ke lokasi. Petugas kemudian mememergoki beberapa pelaku sedangkan melakukan tindak pidana pencurian.

Menurut Kristovo, para pelaku diduga menjadi suruhan beberapa oknum yang diduga mengarahkan mereka untuk melakukan pembobolan ATM tersebut. “Diduga masih ada beberapa oknum yang diduga menjadi dalang untuk melakukan pembobolan ATM tersebut. Saat ini beberapa pelaku tersebut sudah kita kantongi namanya,” ujar Kristovo.ardo