Bisa Dipercaya

Dongkrak Produksi Beras, Bupati Lahat Beri Alsintan Untuk Petani

wariKORANKITO.com-Lahat

Saat ini alat dan mesin pertanian (Alsintan) mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam rangka mendukung pemenuhan produksi pertanian. Alat dan mesin pertanian dapat mempercepat dan meningkatkan mutu pengolahan tanah, penyediaan air, serta dapat meningkatkan intensitas pertanaman (IP).

Strategi pengembangan Alsintan sangat penting dalam pemanfaatan inovasi dan teknologi mekanisasi pertanian dengan menumbuhkembangkan sistem kelembagaan UPJA (Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian). Pendayagunaan Alsintan melalui kelembagaan/kelompok UPJA sangat baik dan efektif serta dapat menciptakan lapangan kerja.

Berita Sejenis
1 daripada 41

Pemerintah Kabupaten Lahat di bawah kepemimpinan Bupati Lahat H. Aswari Riva’i, SE terus memacu peningkatakan produksi tanaman pangan menuju Lahat Bangkit 2018.  Langkah strategis yang telah dilaksanakan melalui penggunaan benih unggul bermutu dan bersertifikat, penerapan sistem jajar legowo, penggunaan pupuk berimbang tepat jenis, tepat jumlah, tepat waktu dan tepat cara, pengaturan air secara efektif dan effisien. Selain itu  dengan penerapan teknis budidaya, juga didukung dengan perbaikan dan pembuatan jaringan irigasi tersier, pembangunan jalan usaha tani serta bantuan Alat dan Mesin Pertanian berupa pompa air, handtraktor roda dua, traktor roda empat, alat tanam (rice transplanter), gasrok (alat penyiang), power thresser dan combine havester, cultivator, alat pengolah pupuk organik (APPO beserta rumahnya).

Dalam penyaluran bantuan khususnya Alsintan kepada kelompok tani atau kelompok UPJA,  Bupati Lahat bersinergi dengan Dandim 0405 Lahat dimana pendampingan petugas baik penyuluh lapangan maupun petugas dinas dengan aparat TNI (Babinsa) dalam hal mengawasi bantuan Alsintan di seluruh  wilayah Kabupaten Lahat berjalan dengan baik.

Hasil bantuan Alat dan Mesin Pertanian menunjukan peningkatan dari tahun sebelumnya berdasarkan data Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Lahat tahun 2015 untuk bantuan sarana dan prasaran Pertanian khususnya Alat dan Mesin Pertanian :

No Jenis Bantuan Volume (Unit)
Tahun 2014 Tahun 2015
1 Pompa Air 5 78
2 Hantraktor roda 2 14 152
3 Traktor roda 4 0 3
4 Ricetransplanter 0 15
5 Power Threser 9 27
6 Combine haverster 0 5
7 Cultivator 0 20
8 APPO 3 3

 

Pencapaian hasil dari bantuan Alsintan membawa hasil produksi padi di Kabupaten Lahat meningkat 159.669 Ton GKG (8.819%) dibandingkan tahun 2014 yang hanya sebesar 150.850 Ton GKG (5.85%).

Dengan adanya peluang bantuan pengadaan Alsintan khususnya berupa pompa air, handtraktor roda dua, traktor roda empat, alat tanam (rice transplanter), gasrok (alat penyiang), power thresser dan combine havester, cultivator, alat pengolah pupuk organik (APPO beserta rumahnya) maka ke depan Pemerintah Kabupaten Lahat bertekad untuk meningkatkan produksi/kualitas padi/gabah khususnya sektor pertanian menuju Lahat Lumbung Beras. Tahun 2016 ini akan diperluas sentuhan teknologi yang sebelumnya sudah diperkenalkan kepada petani melalui penggunaan Alsintan. adv/hms