97 PNS ‘Siluman’ Menghilang

 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel-foto istKORANKITO.com-Palembang

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menemukan ada 97 orang pegawai negeri sipil (PNS) yang diberhentikan oleh Badan Kepegawaian Negara. Disebut-sebut 97 orang PNS  ini merupakan PNS yang hanya ada nama tanpa ada fisiknya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel, Drs H Muzakir MM mengungkapkan, pemberhentian tersebut dilakukan karena pada saat dilakukannya proses Pendataan Ulang (PU) PNS, sampai berakhirnya prosesnya pada 31 Desember 2015 lalu, PNS tersebut tidak mengikuti proses PU PNS.

Selambat-lambatnya, Maret 2016 mendatang, akan dikeluarkan Surat Keputusan (SK) pemberhentian untuk 97 PNS tersebut.

“Di Sumsel ini ada 97 PNS yang tidak terdaftar. Tidak tahu kemana orangnya yang 97 itu. Namanya ada di BKN, tetapi di sini tidak ada orangnya,” katanya.

Menurut Muzakir, pihaknya sudah mengecek ke setiap SKPD di Pemprov Sumsel terkait keberadaan PNS siluman ini. Namun hingga waktu yang ditargetkan akhir tahun lalu, tidak ada yang melaporkan keberadaan puluhan PNS tersebut. “Kami anggap tidak ada karena SKPD-nya tak melapor keberadaan mereka,” jelas Muzakir.

Dalam waktu dekat ini, BKN akan memproses SK pemberhentian yang tidak mendaftar ulang itu menjadi PNS. Karena, secara formal pemberhentian PNS harus di-SK-kan. “Kalau menurut BKN dalam Maret ini sudah selesai SK pemberhentian itu. Karena BKN tidak mentolerir lagi untuk mendaftar ulang,” tegasnya.

Sekertaris Daerah Provinsi Sumsel H Mukti Sulaiman mengungkapkan, adanya kasus PNS yang tak mendaftar ulang PNS dikarenakan ada hal-hal yang disembunyikan.

“Kalau tidak daftar bisa saja ada sesuatu yang disembunyikan. Nah di Sumsel juga begitu, ada 97 orang PNS tak daftar,” jelas dia.

Diakuinya, BKN sudah memberikan perintah untuk menyerahkan laporan atas hasil pengecekan PNS yang tak mendaftar tersebut. “Hal ini karena batas pendataan sudah selesai. Jadi mau tidak mau, bakal dicoret. Jadi kalau ada PNS tak daftar maka salah mereka sendiri dan kita kembalikan ke BKN,” katanya.

Sementara itu Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengaku dirinya akan secara langsung mengecek 97 PNS yang disebut-sebut tidak mendaftar PU PNS. “Saya belum tahu. Tapi pasti secepatnya akan langsung saya koordinasikan dengan BKD Sumsel,” tandasnya.reno.