Tertipu Facebook, Noviana Melapor

Noviana korban penipuan melalui akun jejaring sosial Facebook melapor ke Polresta Palembang. KORKIT/ROCKY

Noviana korban penipuan melalui akun jejaring sosial Facebook melapor ke Polresta Palembang. KORKIT/ROCKY

Palembang – KORKIT

Sial dialami Noviana (48), warga Jalan Panjaitan, Lorong Jama-Jama no 18, Kelurahan Plaju Ulu, Kecamatan Plaju, Palembang, yang harus menjadi korban penipuan melalui akun jejaring sosial Facebook. Atas kejadian tersebut, dirinya merugi Rp 700 ribu dan melapor ke Polresta Palembang.

Kejadian bermula saat Noviana mendapatkan inbox pesan oleh saudara sepupunya atas nama Sintia Elista alias Tia, yang membujuk untuk mengirimkan uang ke salah satu rekening temannya sebesar Rp 700 ribu. Merasa Tia adalah kerabatnya, Noviana pun berniat membantu dan tak menaruh curiga sedikitpun.

“Saya percaya saja karena mungkin dia sedang ada kerjaan. Jadi saya transfer melalui ATM BNI di Indomart Kawasan Bagus Kuning, ke rekening BNI Atas Nama Ernawati sebesar Rp 700 ribu,” katanya saat melapor ke Mapolresta Palembang, Rabu (24/2).

Selang beberapa waktu, Novi mulai curiga dan kembali melihat laman Facebook milik saudaranya tersebut. Disitu tertera bahwa akun ternyata telah diretas sejak beberapa waktu lalu.

“Awalnya saya itu melihat inbox saja tanpa melihat halaman facebooknya. Ternyata disitu ada informasi kalau sudah diretas seseorang. Saya langsung telepon saudara untuk konfirmasi,” jelasnya.

Benar saja, Novi sontak kaget mendengar penjelasan dari saudaranya bahwa akun tersebut telah diretas dan dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab.

“Disitulah saya sadar kalau sudah menjadi korban penipuan pak, makanya melapor dan berharap pelakunya bisa ditangkap. Kasihan saudara saya dimanfaatkan seperti itu dan ternyata sudah banyak yang menjadi korbannya berupa pulsa, uang dan lain sebagainya,”ungkap Novi.

Sementara itu, Kasat Reskrim Mapolresta Palembang, Kompol Marully Pardede SIk melalui Kanit SPKT, Aiptu M Fajar membenarkan pihaknya telah menerima laporan korban dengan tanda bukti nomor LP/B-517/II/Resta/Sumsel.

“Laporan sudah kita terima dan akan ditindaklanjuti, bisa dikenakan pasal 378 KUHP tentang penipuan,” singkatnya. roky