Bisa Dipercaya

Rakyat Nikmati Terobosan Bupati Lahat di Bidang Kesehatan

Aswari Rivai, Bupati Lahat

KOARANKITO.com-Lahat

Sejak pagi hingga malam sejumlah warga terlihat keluar masuk gedung bercat krem yang berdiri kokoh di tepi jalan utama Desa Pagar Jati, Kecamatan Kikim Selatan, akhir pekan lalu. Di area bangunan berpagar biru tersebut terparkir sebuah mobil ambulan yang siap meluncur saat diperlukan. Rupanya, aktivitas di tempat itu telah menjadi keseharian Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pagar Jati yang telah diresmikan Bupati Lahat, Aswari Riva’i pada Desember tahun lalu. Maklum puskesmas modern Pagar Jati merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang sangat diandalkan warga setempat. Betapa tidak di dalam puskesmas tersedia pelayanan layaknya sebuah rumah sakit. Tengok saja, di tempat itu tersedia ruang rawat inap, ruang persalinan, pelayanan Poli, dengan dokter, bidan maupun perawat yang selalu stand by.

Berita Sejenis
1 daripada 26

‘’Sejak diresmikannya Puskesmas Pagar Jati menjadi puskesmas rawat inap, kami sangat terbantu sebab tidak perlu ke rumah sakit kecuali memang tidak bisa tertolong di sini,’’ ujar Kholil, 47, warga setempat.

Dia mengaku, pelayanan puskesmas tersebut cukup bagus dengan fasilitas yang sangat nyaman dan aman, sebab warga sekitar juga menjaganya serta merasa memiliki.

Tidak salah lagi, puskesmas Pagar Jati memang salah satu dari sepuluh puskesmas rawat inap yang dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, guna memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal selama 24 jam untuk masyarakat terutama di daerah-daerah yang jauh dari perkotaan.  

Sepuluh puskesmas tersebut dibangun  berada sangat jauh dari pusat pelayanan rumah sakit, yakni Puskesmas Pagar Gunung di Kecamatan Pagar Gunung; Puskesmas Pagar Jati di Kecamatan Kikim Selatan; Perangai di Kecamatan Merapi Selatan;Tanjung Sakti, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi; Jl. Harun Sohar, Sukarami, Kecamatan Kota Agung; Muara Tiga, Kecamatan Mulak Ulu; Pasar Jarai, Kecamatan Jarai; Jl. HBR Moetik Bunga Mas, Kecamatan Kikim Timur; SP.II Bumi Lampung, Kecamatan Kikim Timur; dan Puskesmas Merapi, Kecamatan Merapi Barat.

Menurut Bupati Aswari Riva’i, puskesmas modern dengan pelayanan lengkap layaknya rumah sakit sehingga warga dapat terlayani dengan baik. ‘’Warga tidak perlu jauh-jauh ke kota karena pelayanan disiapkan 24 jam dan warga juga  mendapat bantuan berobat gratis,’’ katanya.

Sementara Kepala Dinas KesehatanLahat, H Rasyidi Amri mengemukakan, perhatian pemerintah untuk kesehatan memang sudah menjadi program utama agar kesehatan masyarakat menjadi lebih baik. ‘’Setiap puskesmas itu kami sediakan 10 sampai 15 tempat tidur untuk rawat inap. Tenaga media kami siapkan 24 jam termasuk mobil ambulan,’’ tuturnya.

Dia juga mengungkapkan, selain 10 puskemas itu 21 puskesmas lainnya yang tersebar di Lahat akan ditingkatkan pelayanannnya, sehingga betul-betul menjadikan masyarakat nyaman. (ADV/Hms)